You are currently viewing 6 Cara Menghias Kue Ulang Tahun Anti Ribet

6 Cara Menghias Kue Ulang Tahun Anti Ribet

Perayaan ulang tahun tak lepas dari tradisi meniup kue bagi anak-anak maupun orang dewasa. Setiap orang akan mengelilingi kue, menyanyikan lagu, orang yang berulang tahun akan berdoa dan meniup kue. Menyambut hari spesial tersebut rasanya tidak afdol jika kue yang menjadi pusat acara ulang tahun terlihat sepi tanpa hiasan apapun. Oleh karena itu, kue ulang tahun menjadi krusial selain harus lezat, juga harus terlihat menarik. Berbagai jenis kue mulai dari brownies, bolu, kue tart, dan lainnya perlu dihias sedemikian rupa untuk menyempurnakan hari istimewa kamu. Selain itu, hiasan juga menjadi penting karena seringkali kue tidak berbentuk sempurna. Banyak bagian kue yang tidak mulus, sehingga salah satu cara menutupi dan memperbaiki kekurangan tersebut dengan dibaluri hiasan cantik. Ada pula banyak varian cara menghias kue ulang tahun.

Agar perayaan ulang tahun lebih berkesan, kenapa tidak coba untuk menghias kue ulang tahun sendiri? Hal yang kamu butuhkan hanya peralatan dan bahan yang tepat, kesabaran, ketekunan dan kreativitas. Cara menghias kue ulang tahun juga bisa dikatakan sebagai seni. Sedikit imajinasi akan membantu kamu untuk menghias kue ulang tahun. Banyak referensi yang bisa kamu dapatkan untuk tahu cara menghias kue ulang tahun.

6 Cara Menghias Kue Ulang Tahun

1. Membuat rencana hiasan kue

Cara menghias kue ulang tahun yang paling pertama yaitu membuat rencana. Imajinasi penting kamu gunakan pada tahap ini. Kamu harus menentukan jenis kue apa yang akan kamu buat untuk menyesuaikan dengan hiasan yang akan kamu gunakan. Kamu perlu menentukan tema dan warna yang akan kamu pakai. Kamu bisa mengambil referensi dari serial tv, buku, film dan lain – lain. Misalnya, kamu ingin membuat kue ulang tahun untuk anak yang menyukai film Disney Frozen. Kamu bisa mengangkat tema tersebut dengan membuat bolu yang dilapisi butter cream warna biru beserta karakter yang ada di film tersebut. Kamu bisa menentukan menggunakan patung sebagai karakter atau ingin menggambar sendiri dengan cream yang kamu miliki.

2. Menentukan tulisan pada kue

Meskipun terlihat sepele, tapi cara menghias kue ulang tahun ini cukup krusial. Kamu perlu membuat estimasi jarak pada kue untuk membuat tulisan. Pesan yang ideal yaitu singkat dan jelas. Lalu, kamu bisa menyesuaikan besarnya tulisan, dengan latihan diatas kertas menggunakan pensil. Tulisan yang terlalu kecil mudah terjepit dan terlewat. Begitupula tulisan yang terlalu besar bisa membuat tulisan tidak lengkap. Nah, ayo coba berlatih sebelum kamu aplikasikan langsung keatas kue ulang tahun.

3. Pastikan kue dalam keadaan dingin

Jika kamu ingin mengaplikasikan cream untuk hiasan, pastikan kue dalam keadaan dingin karena jika masih hangat atau panas, hiasan bisa meleleh dan bisa membuat kue berantakan. Struktur kue yang hangat juga masih belum padat sempurna. Kamu bisa masukkan kue ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu atau diamkan diatas meja selama 5 hingga 10 menit. Cara menghias kue ulang tahun satu ini yang wajib kamu ikuti agar tampilan kue lebih sempurna.

4. Siapkan alat dan bahan untuk dekorasi kue

Cara menghias kue ulang tahun selanjutnya kamu wajib miliki peralatan dekorasi. Kamu bisa gunakan piring kue yang bisa diputar, pisau palet khusus kue, spuit kue beseta plastik segitiga, dan alat lainnya sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu ingin mendekorasi dengan patung karakter, kamu juga perlu siapkan lidi untuk membantu pemasangan pada kue. Kamu bisa dapatkan koleksi dari Jamie Oliver untuk kebutuhan peralatan kue kamu. Pastikan gunakan baking sheet atau parchment paper untuk alas kue kamu agar tidak menempel pada Loyang. Salah satu brand yang menjual kertas panggang dari Le Bakers. Selain itu, kamu bisa tentukan penggunaan cream ataupun fondant serta beberapa topping yang kamu inginkan misalnya seperti meses, chocolate chips, edible glitter, pewarna makanan, frosting, potongan buah, kacang, dan bahan lainnya sesuai kebutuhan.

5. Tentukan tingkat kue sesuai selera

TipsBeDa merekomendasikan kamu untuk membuat kue yang bertingkat, karena akan lebih menarik saat dihias. Kamu bisa baluri setiap tumpukan dengan cheese cream, selai ataupun sirup supaya kue lebih melekat. Kamu bisa gunakan pisau palet untuk membaluri setiap tumpukan kue. Usahakan lapisan selalu rata atau datar agar permukaan kue lebih mudah dihias serta membentuk lapisan yang mulus.Cara menghias kue ulang tahun satu ini juga penting dilakukan, agar kue tetap estetik saat dihias.

6. Hias kue sesuai keinginan kamu

Lapisi kue dengan fondant ataupun butter cream. Jika kamu ingin menggunakan butter cream, cukup siapkan 225 gram mentega, 75 gram gula putih, 1 setengah sendok teh perasa vanilla dan 5 hingga 6 sendok makan susu. Kocok hingga merata dan butter cream siap digunakan. Kamu juga bisa tambahkan pewarna makanan sesuai kebutuhan bila kamu ingin butter cream lebih berwarna. Lalu, oleskan butter cream dimulai dari permukaan atas kue kemudian ke seluruh sisi. Usahakan mengoles dengan lapisan yang tipis terlebih dahulu agar tampilan butter cream bisa merata dan rapih. Kemudian, kamu bisa berikan cheese cream dengan bentuk cantik menggunakan piping bag dan spuit kue. Kamu juga bisa aplikasikan tulisan yang kamu inginkan menggunakan cream yang sudah kamu buat. Setelah itu, tambahkan topping atau hiasan sesuai kebutuhan kamu.

Taraaa! Kue ulang tahun siap dihidangkan. Itu dia cara menghias kue ulang tahun yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain 6 hal diatas, kamu memang butuh kesabaran dan ketekunan untuk bisa membuat hiasan kue yang menarik. Kira – kira sudah punya ide hiasan apa nih untuk membuat kue ulang tahun? Ayo ikuti langkahnya dan coba di rumah. Beli peralatan dan perlengkapannya di website belanjadapur.com. Selamat mencoba!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply