You are currently viewing 7 Cara Menata Dapur Kecil Lebih Nyaman

7 Cara Menata Dapur Kecil Lebih Nyaman

Banyak yang memimpikan ingin punya dapur besar dengan berbagai fasilitas. Tapi perlu diakui mimpi terkadang tidak seindah realita. Kenyatannya, kamu mungkin tidak memiliki ruang cukup di dapur untuk memasang kitchen set island yang besar. Rasanya serba kurang bila melihat dapur kecil yang sempit dan padat. Nah, ini saatnya kamu menata dapur kecil mu untuk bisa disulap menjadi dapur idaman yang tak kalah dengan dapur besar pada umumnya. Meskipun tidak ada lemari penyimpanan yang besar, meja marmer besar, kulkas besar, kamu tetap bisa memaksimalkan fungsi dapur dengan penataan yang baik. Beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan seperti desain dapur, tata letak peralatan dan perlengkapan dapur serta kebersihan dapur yang utama. Selain itu, tanpa dapur besar, kamu tetap bisa kok menjadi juru masak yang handal. Kecilnya ruang dapur jangan sampai membatasi kamu dalam berkarya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara menata dapur kecil agar menjadi nyaman dan menyenangkan.

Tanpa sadar, memiliki dapur yang nyaman bisa membuat suasana hati lebih baik dan memiliki kepuasan tersendiri. Dengan ide desain yang tepat, ukuran dapur tidak akan menjadi masalah yang berarti. Selain itu, kamu juga perlu tahu cara menata peralatan dapur yang efisien. Aspek penting dalam menata dapur kecil, ketika kamu juga bisa dengan bijak menempatkan seluruh peralatan dan perlengkapan dapur sesuai pada tempatnya. Sebetulnya, cara menata peralatan dapur tidaklah rumit, apabila kamu sudah memiliki konsep dan perencanaan yang matang. Ini bisa menjawab setiap keluhan pemilik dapur berukuran kecil yang bisa kamu terapkan. Yuk simak pembahasan cara menata dapur kecil agar terlihat minimalis dan tentunya nyaman.

1. Gunakan desain warna netral

Buatlah dapur kecilmu menjadi tempat yang terkesan lapang dan ringan yaitu dengan menggunakan warna netral seperti warna putih, krem atau warna lainnya. Aplikasikan warna netral pada dinding dan ubin. Kamu juga bisa memilih ubin berpola tebal. Untuk lemari, kamu bisa gunakan warna ringan dan cerah seperti biru telur asin, dan lain – lain agar bisa memantulkan cahaya sehingga dapur terkesan luas. Permainan warna sangat berpengaruh untuk menata dapur kecil kamu.

2. Gunakan rak terbuka vertikal untuk penyimpanan barang

Cara menata peralatan dapur membutuhkan kreativitas dalam penyimpanannya. Kamu bisa membuat rak terbuka di dinding dapur untuk meminimalisir pemakaian tempat yang besar. Kamu bisa meletakkan setiap perlengkapan dapur sesuai jenisnya. Misalnya, kamu gunakan rak khusus untuk penempatan piring dan mangkuk, atau kamu gunakan rak khusus untuk menempatkan toples bumbu. Atur sedemikian rupa, sehingga setiap perlengkapan ditata dengan rapi sesuai jenisnya. Apabila kamu tidak menginginkan penggunaan rak, kamu juga bisa gunakan wall grid pada dinding. Aplikasikan pengait pada wall grid untuk menggantung berbagai jenis spatula dan perlengkapan masak lainnya.

3. Pilih lemari dengan tempat penyimpanan yang banyak

Lemari dapur yang memiliki banyak pilihan laci cocok untuk kamu pilih pada dapur mungil mu, untuk bisa meletakkan setiap peralatan dan perlengkapan dapur kamu. Upayakan meminimalisir banyaknya barang yang ada di permukaan dapur, supaya tidak terlihat penuh dan berantakan. Gunakan lemari ukuran besar khusus untuk meletakkan berbagai panci, ataupun alat elektronik seperti blender, food processor, dan lain – lain. Untuk laci dengan ukuran yang lebih kecil gunakan untuk meletakkan sendok, garpu, gelas, dan lain – lain. Lemari dengan banyak rak penyimpanan, akan memudahkan dalam menata dapur kecil kamu.

4. Hiasi dapur dengan tanaman hias

Menata dapur kecil dengan sentuhan tanaman hias yang hijau mampu menghidupkan ruangan. Kamu akan merasakan dapur dengan kesan yang lebih segar dan menyenangkan. Selain itu, akan menambahkan nilai estetik pada dapur kamu.

5. Gunakan tempat penyimpanan untuk bumbu dapur

Terlihat sederhana namun cukup vital, cara menata peralatan dapur ini perlu kamu terapkan. Upayakan setiap bumbu seperti garam, gula, lada, penyedap rasa, bawang hingga bumbu lainnya diletakkan di toples transparan agar lebih mudah dilihat. Selain itu, kamu juga bisa gunakan tempat penyimpanan kotak container untuk meletakkan kain dapur, apron, dan perlengkapan dapur lainnya.

6. Letakkan rak piring diatas tempat cuci piring

Cara menata peralatan dapur satu ini sangatlah penting untuk meniriskan air pada piring atau perlengkapan dapur setelah dicuci. Jadi, dapur kamu akan tetap bersih dan tidak takut becek karena tetesan air langsung mengalir ke tempat cuci piring. Kamu juga perlu memberikan ruang kecil di sebelah tempat cuci piring, untuk meletakkan panci berukuran besar setelah dibersihkan. Jangan lupa untuk gunakan kain kering, agar tetesan air terserap kain.

7. Pilih lampu pencahayaan yang tepat

Menata dapur kecil dengan lampu pencahayaan yang tepat, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, akan membuat dapur lebih berkesan. Tambahan juga sentuhan lampu kecil pada sisi tempat cuci piring, akan membuat dapur lebih cerah.

Cara Menata Dapur Kecil Lebih Efisien

Bila kamu memiliki konsep dan perencanaan yang matang, menata dapur kecil akan terasa lebih asik dan seru. Menyulap tempat kecil menjadi begitu nyaman dan bermanfaat akan mengubah perspektif kamu dan kamu bisa lebih terpacu untuk produktif di dapur. Lalu bagaimana sih cara menata peralatan dapur supaya lebih efisien? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Susun peralatan dapur secara menumpuk dan berdasarkan jenisnya

Cara menata peralatan dapur agar telihat rapi yaitu dengan mengelompokkan berdasarkan jenisnya seperti peralatan masak, peralatan makan dan lain-lain yang dijadikan satu. Piring, gelas, panci ataupun lainnya, diletakkan secara vertikal ataupun horizontal. Usahakan meletakkan setiap barang berdasarkan jenisnya supaya lebih terlihat rapih dan tidak makan tempat. Kamu juga bisa mengatur dari ukuran yang besar hingga yang kecil.

2. Gunakan belakang pintu sebagai tempat penyimpanan

Kamu bisa meletekkan pengait disetiap lemari penyimpanan, untuk bisa menggantung perlengkapan dapur yang berukuran fleksibel seperti tutup panci, spatula, alat takar Jamie oliver, dan lainnya untuk bisa digantung. Cara menata peralatan dapur satu ini bisa disebut efisien untuk meminimalisir penggunaan tempat.

3. Urutkan penatan peralatan dapur berdasarkan warna

Sebagai contoh untuk alat makan, kamu bisa mengatur penataan piring yang berwarna terang terlebih dahulu hingga piring berwarna gelap. Begitu pun dengan peralatan dan perlengkapan dapur lainnya. Cara menata peralatan dapur ini membuat lebih rapi dan nyaman untuk di pandang.

Jadi, mudah bukan untuk menata dapur kecil kamu? Tentukan konsep dan perencanannya, lalu praktik kan di rumah cara menata peralatan dapur se-kreatif mungkin. Ketika dapur sudah didesain dengan baik, namun penataan peralatan dan perlengkapan dapur yang buruk juga tidak akan berdampak maksimal pada dapur yang kamu impikan. Jadi, semua aspek perlu kamu terapkan. Dengan pengorganisasian peralatan yang baik juga konsep dan desain yang menarik, dapur kecil kamu akan menjadi tempat yang paling nyaman dan menyenangkan.

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply