You are currently viewing Ada Berapa Jenis Pisau Dapur yang Harus Kita Miliki?

Ada Berapa Jenis Pisau Dapur yang Harus Kita Miliki?

Dari memotong, mengiris, mengukir hingga mengupas bahan makanan dan minuman pastinya membutuhkan pisau. Peralatan dapur ini termasuk salah satu yang paling penting kehadirannya untuk memasak. Tapi, apakah masih ada yang hanya menggunakan satu jenis pisau untuk memenuhi semua kebutuhan memasak? Eits! Perlu kamu ketahui, jenis pisau dapur sangat beragam dan kamu disarankan bisa membedakannya. Sangat tidak disarankan untuk memakai satu jenis saja saat memasak berbagai makanan, karena bisa mengkontaminasi bahan makanan yang kamu potong. Bayangkan bila kamu memotong daging, kemudian kamu gunakan pisau yang sama untuk memotong buah. Bisa – bisa zat tidak baik dari daging menempel di buah kamu. Oleh sebab itu, tidak hanya para juru masak saja yang perlu menggunakan banyak macam pisau, melainkan setiap dapur di rumah kamu juga harus mengikutinya.

Lantas, apakah kamu tahu pisau apa aja yang kamu butuhkan untuk di dapur? Jenis pisau dapur memiliki banyak varian beserta ukuran pisau yang beraneka ragam. Setiap jenis pisau dapur didesain khusus untuk tujuan yang berbeda-beda. Bilah pisau yang berbeda memudahkan kamu untuk membentuk hasil potongan yang presisi. Aneka jenis pisau ada yang khusus untuk memotong daging dan sayur, mengiris roti, mengupas dan mengukir buah. Akan terasa tak asing pula jika kamu membeli satu set pisau, biasanya disediakan beraneka ragam jenis pisau dapur yang berbeda. Dilansir dari Healthykitchen101, pisau memiliki beragam jenis yang harus kamu miliki di dapur.

Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Tahu

1. Chef’s Knife

Ini adalah salah satu jenis pisau yang sangat wajib kamu miliki di rumah karena sifatnya serbaguna bisa memotong apa saja mulai dari bahan protein atau sayuran hingga buah-buahan. Jenis pisau dapur ini memiliki bilah lebar yang meruncing ke suatu titik, sehingga mudah untuk mencincang bahan makanan dengan cepat. Ukuran pisau ini standar dan cukup untuk digenggam tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil biasanya berkisar dari 15 hingga 30 cm. Ukuran pisau tergantung dari besarnya tangan serta kebutuhan memasak sehari-hari.

2. Santoku Knife

Jenis pisau dapur ini adalah versi Jepang dari chef’s knife. Bentuknya setipe dengan chef knife, biasanya ukuran pisau lebih pendek dan bilahnya lebih tipis. Santoku knife bisa digunakan untuk berbagai keperluan masak mulai dari memotong sayuran, mengiris bawang hingga mencincang daging. Bentuk lesung pada sepanjang bilah, memungkinkan memotong bahan lunak hingga keras tanpa resiko menempel sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesai.

3. Paring Knife

Disebut juga dengan pisau pengupas yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai hiasan atau garnish pada makanan. Kamu bisa memotong dan mengupas buah, memotong sayuran seperti bawang, mengiris cokelat batang hingga memisahkan kulit udang. Ukuran pisau ini berkisar 10 hingga 17 cm.

4. Slicing Knife

Jenis pisau dapur ini memiliki bilah yang panjang dan runcing. Bisa kamu sebut juga dengan pisau pengiris untuk mengiris tipis daging, ayam, ikan dan lainnya. Cocok untuk kamu penggemar makanan fillet karena mata pisau yang tajam. Namun, tidak menutup kemungkinan bila kamu juga ingin mengiris buah dan sayur menggunakan pisau ini. Ukuran pisau ini berkisar 20 hingga 35 cm.

5. Utility Knife

Pisau ini cocok digunakan untuk mengiris atau memotong buah dan sayuran. Biasanya ukuran pisau ini berkisar 10 hingga 18 cm. Pisau ini bisa dikatakan sebagai perpaduan antara slicing knife dan paring knife. Pisau ini didesain memiliki bilah yang lebih panjang dari pisau pengupas.

6. Boning Knife

Jenis pisau dapur ini berguna untuk memisahkan daging dari tulangnya. Didesain dengan bilah yang meruncing tipis bisa juga digunakan sebagai pengganti pisau pengupas untuk buah dan sayuran. Bentuk bilah yang melengkung juga memudahkan kamu untuk memotong daging dengan bentuk apapun. Ukuran pisau ini bisanya memiliki panjang 7 hingga 20 cm.

7. Bread Knife

Pastinya jenis pisau dapur ini cukup familiar untuk sebagian orang. Pisau dengan bilah panjang dan bergerigi dibagian bawahnya, khusus digunakan untuk memotong berbagai macam roti dan kue dari yang bertekstur lunak hingga keras sekalipun. Bagian gerigi pada bilah berfungsi agar roti maupun kue tidak hancur atau menyisakan banyak remahan saat dipotong. Ukuran pisau ini berkisar antara 17 hingga 25 cm.

8. Cleaver Knife

Jika kamu sering ke restaurant yang menjual Chinese food, pasti kamu akan sering temui jenis pisau dapur ini. Memiliki bobot yang berat dan ukuran pisau yang besar dibanding jenis pisau lainnya. Bisa digunakan untuk memotong dari tesktur keras hingga lunak seperti tulang ayam, mencincang daging, memotong sayuran, menghancurkan jahe dan bawang-bawangan. Didesain dengan bilah yang lebar dan tebal.

9. Steak Knife

Ukuran pisau ini biasanya tidak terlalu panjang, setara dengan ukuran garpu dan sendok. Steak knife atau biasa disebut dengan pisau meja memiliki dua jenis yaitu yang bertekstur gerigi dan tanpa gerigi pada bagian bawah bilah. Pisau ini ideal untuk memudahkan kamu memotong makanan seperti ayam, daging dan ikan.

10. Carving Knife

Jenis pisau dapur ini ideal untuk mengiris daging, ayam panggang dan unggas. Pisau memiliki ukuran bilah yang panjang dan tipis. Pisau ini bisa juga digunakan untuk mengukir dan menghasilkan hasil yang presisi.

11. Butcher Knife

Pisau ini biasa disebut dengan pisau daging yang digunakan untuk menghancurkan potongan daging, atau memotong lemak. Biasanya didesain dengan bilah yang melengkung keatas dan sangat tajam. Cocok untuk kamu yang gemar memasak berbagai varian daging.

12. Kitchen Shears

Meskipun secara sekilas seperti gunting biasa, tapi gunting dapur bisa dijadikan sebagai pengganti pisau. Gunting dapur didesain dengan mata pisau yang tebal dan kuat untuk membantu memotong berbagai makanan seperti cumi, gurita, udang hingga daun bawang dan lainnya.

13. Cheese Knife

Jenis pisau dapur satu ini cocok untuk kamu yang sangat senang menggunakan keju untuk memasak. Pisau ini didesain dengan bilah yang memiliki lubang agar keju lebih rapi saat dipotong dan tidak menempel pada pisau.

14. Vegetable Knife

Sesuai namanya, pisau ini didesain khusus untuk memotong dan mengiris berbagai sayuran. Ukuran pisau ini memiliki panjang 12 hingga 17 cm.

Nah, sekarang kamu sudah bisa mengidentifikasi jenis pisau yang akan kamu butuhkan bukan? BelanjaDapur menyediakan berbagai pisau dengan beberapa ukuran dari beberapa brand ternama pula seperti Jamie Oliver, Zwilling dan Lock&Lock. Dari beberapa brand tersebut juga menyediakan pisau set yang bisa kamu manfaatkan setiap harinya di dapur kesayangan kamu. Dengan begitu, kamu bisa gunakan pisau sesuai fungsinya. Jangan lupa juga untuk sesekali mengasah pisau kamu agar bisa selalu tajam dalam jangka waktu yang panjang. Pisau yang tajam semakin memudahkan kamu dalam setiap kegiatan memasak.

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply