You are currently viewing Ada yang Tau Gak Sih Kalau Manfaat Teh Hitam Bisa Mengurangi Stress?

Ada yang Tau Gak Sih Kalau Manfaat Teh Hitam Bisa Mengurangi Stress?

Teh menjadi minuman paling sering dikonsumsi didunia disamping air mineral. Salah satunya black tea atau biasa disebut teh hitam yang juga dikenal orang Indonesia sebagai teh merah sebab menghasilkan warna merah tua hingga hitam saat diseduh. Pada intinya, teh hitam dengan teh merah sama kandungannya, perbedaannya hanya pada penyebutannya saja sebab warna yang berbeda. Teh hitam menghasilkan rasa yang lebih pekat dan kuat dibanding jenis teh lainnya, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman alternatif pengganti kopi ataupun minuman penambah energi. Teh hitam sama seperti teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis, namun perbedaanya teh hitam melalui proses oksidasi dan pengeringan sehingga warna daun berubah dari hijau menjadi kehitaman. Berbagai penelitian membuktikan bahwa manfaat teh hitam beragam dan tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu terjadi berkat kandungan antioksidan dan polifenol dalam teh yang mampu melawan radikal bebas seperti zat katekin, thearubigin, theaflavin, dan flavonoid. Selain itu, teh hitam juga mengandung asam amino, karbohidrat, protein, potassium, zat mineral, dan zat baik lainnya untuk tubuh.

Bila tidak ditambahkan gula, teh hitam mengandung rendah sodium dan kalori. Teh hitam juga mengandung kafein tetapi konsentrasinya lebih sedikit dari kandungan kafein pada kopi. Jadi, seberapa banyak sih manfaat teh hitam untuk tubuh? Simak manfaat teh hitam sebagai berikut.

Manfaat teh hitam untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit kronis seperti kanker

Beberapa penelitian menyebutkan manfaat teh hitam berperan untuk mencegah penyakit kanker jenis tertentu seperti kanker paru-paru, prostat, ovarium, kandung kemih, payudara, kulit, mulut dan perut. Mekanisme teh hitam dalam mencegah penyakit kanker salah satunya berkat zat polifenol dalam teh yang dapat menghambat pembentukan dan menurunkan resiko pertumbuhan tumor pada tubuh. Selain itu, kandungan senyawa tertentu pada teh mampu mematikan sel kanker tanpa merusak sel yang normal dan sehat. Namun tetap, teh hitam tidak bisa dijadikan satu-satunya cara alternatif untuk mengurangi resiko kanker, karena perlu penanganan khusus dari dokter.

2. Melindungi dari obesitas dan diabetes

Manfaat teh hitam akan lebih efektif bisa dirasakan bila tidak menambahkan gula saat meminumnya. Efek antioksidan dan zat anti inflamasi pada teh diyakini dapat melindungi orang yang memiliki diabetes. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa rajin konsumsi teh hitam akan membantu meningkatkan kadar insulin. Selain itu, zat theaflavin pada teh juga dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah serta mengatur metabolisme gula pada tubuh. Zat polifenol juga mampu menekan penyerapan lemak sehingga menghambat peningkatan berat badan. Namun kenyataannya, cara yang jauh lebih efektif untuk mengurangi obesitas dan diabetes tetap dengan mengurangi asupan manis pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari serta wajib berolahraga dengan teratur.

3. Mencegah penyakit kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskular yang paling banyak dikenal sebagai penyakit jantung ataupun stroke. Penyakit tersebut muncul bisa diakibatkan karena kadar kolesterol jahat yang menumpuk, hingga tekanan darah tinggi yang terlalu lama berada dalam tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan efek antioksidan seperti flavonoid pada teh hitam mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh dan mengurangi tekanan darah untuk penderita hipertensi. Sehingga, manfaat teh hitam mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

4. Mengurangi stress

Manfaat teh hitam mampu membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Kandungan asam amino L-theanine serta kafein juga dapat meningkatkan fokus. Zat dalam teh hitam bekerja untuk membantu memperlancar peningkatan aliran darah di otak. Sehingga, hal tersebut mampu bembantu tingkat kosentrasi kita semakin membaik. Sebaiknya, cukup konsumsi teh 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal juga untuk mengurangi kadar hormon stress kortisol pada tubuh.

5. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Usus mengandung banyak bakteri yang sebetulnya kita butuhkan karena mampu memerangi penyakit seperti radang usus, diabetes, obesitas dan lainnya. Dengan rutin mengonsumsi teh hitam, kesehatan usus terjaga dan bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik. Sifat antimikroba pada teh hitam, juga dapat membunuh bakteri usus jahat dan memperbaiki dinding saluran pencernaan.

Seluruh manfaat teh hitam semakin bisa optimal bila kalian menjaga asupan setiap hari dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga agar daya tahan tubuh semakin seimbang. Cukup konsumsi 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Hindari minum berlebihan, khususnya untuk orang yang sensitif pada kafein, mengingat teh hitam mengandung sedikit kafein didalamnya. Serta, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai saran seberapa banyak teh hitam yang bisa dikonsumsi per hari, apabila kalian sedang mengonsumsi obat tertentu.

Kalian bisa beli teh merah atau Black Tea Kepala Djenggot di website belanjadapur.com atau tokopedia belanja dapur official ataupun shopee belanjadapur.official. Black tea ini menghasilkan warna merah yang pekat, hasil dari salah satu produsen teh terbaik di Indonesia. Black tea Kepala Djenggot dibanderol relatif murah dengan harga Rp. 4.945,- saja! Lebih murah bila kalian beli 3 box sekaligus dengan harga Rp. 14.093,-. Klik disini ya untuk belanja!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply