You are currently viewing Cara Membuat Tahu Bulat Gurih Nyoy

Cara Membuat Tahu Bulat Gurih Nyoy

Pasti kamu familiar dengan cemilan satu ini. Yap! Tahu bulat. Cemilan dengan bahan dasar tahu putih yang umumnya dijual Rp. 500,- an per satu tahu. Biasa dijual di mobil bak terbuka dengan kalimat pengiring “tahu bulat, di goreng dadakan, lima ratusan, gurih gurih nyoy”. Sesuai slogannya, tahu bulat lebih nikmat jika dikonsumsi saat hangat. Cemilan tahu bulat sempat populer di beberapa kota seperti wilayah Jabodetabek pada masanya sekitar tahun 2015, yang mulanya muncul dari kota Tasikmalaya. Dari mulai anak – anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun, tak ada yang absen nikmati gurih dan renyahnya tahu bulat. Namun kini, jajanan tahu bulat sudah mulai mengalami kemunduran dalam penjualan, sebab masa booming nya sudah berlalu. Bisa dibuktikan dengan jumlah penjual yang sudah tidak lagi membanjiri jalanan. Tapi tenang! Cara membuat tahu bulat sangat mudah kok. Bahan tahu bulat juga mudah dicari. Siapapun bisa coba buat sendiri di rumah.

Bahan Tahu Bulat Mudah didapatkan

Tahu bulat tentu berbeda dengan tahu biasa. Perbedaannya ada pada bentuk dan tekstur. Dengan bahan tahu bulat yang sederhana, tetap bisa membuat rasa gurih dengan tekstur yang empuk dan kopong didalamnya. Ini yang menjadi bagian favorit banyak orang, karena sangat pas dijadikan cemilan tidak membuat kenyang. Pembuatannya juga tidak memerlukan mesin atau alat yang rumit, semua orang bisa mencoba untuk mencari tahu cara membuat tahu bulat yang super simpel anti ribet. Kamu juga perlu memperhatikan saat proses menggoreng, karena kadang kala tahu bisa tidak mengembang dengan sempurna. Yuk ikuti resep cara membuat tahu bulat dari akun youtube Mrs Kori yang berjudul “Resep Tahu Bulat Kopong” berikut ini.

Bahan Tahu Bulat:

  • 10 kotak tahu putih
  • 1 sdm kuning telur
  • 1 sdt baking powder double acting
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tahu Bulat:

  1. Cuci bersih tahu putih dengan air mengalir.
  2. Hancurkan tahu putih hingga menjadi butiran halus pada wadah mangkuk atau baskom.
  3. Kemudian saring tahu yang telah di haluskan dengan lap atau kain kasa. Peras hingga kering dan upayakan tidak meninggalkan sisa kandungan air pada tahu.
  4. Masukkan kuning telur, garam, baking powder double acting secukupnya ke dalam tahu putih yang sudah dihaluskan.
  5. Aduk secara merata dengan cara meremas-remas untuk melembutkan tekstur tahu.
  6. Cicipi sedikit untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.
  7. Ambil adonan tahu yang sudah tercampur dengan bumbu dan bentuk menjadi berbentuk bulat.
  8. Istirahatkan tahu kurang lebih dalam waktu 1 jam untuk membuat adonan bisa mengembang.
  9. Panaskan minyak pada wajan dengan kapasitas secukupnya hingga tahu bisa tenggelam.
  10. Masukkan adonan tahu dan goreng dengan suhu api kecil.
  11. Bolak balik hingga matang dengan sempurna.
  12. Sajikan di piring cantik.
  13. Bisa juga hidangkan dengan tambahan bubuk cabai jika suka dengan rasa pedas.

Fakta Menarik Cara Membuat Tahu Bulat

1. Kenapa tahu harus diremas hingga kering?

Penting untuk kamu ketahui, cara membuat tahu bulat yang ideal dengan menjadikan adonan tahu sekering mungkin hingga tersisa seperti ampas. Karena tak jarang yang mengalami tahu tetap kempes atau bahkan tidak kopong ketika digoreng. Dengan tidak adanya kandungan air, tahu menjadi kopong dan garing saat di goreng. Sebetulnya, kunci kerenyahan tahu bulat agar menghasilkan tesktur yang sempurna adalah menghilangkan kelembaban pada tahu dengan cara mengurangi kandungan air. Nah, jadi upayakan selalu untuk bisa diremas menggunakan lap seperti yang sering ditemui di pasar, lap kain berwarna putih yang mampu menyaring air pada tahu.

2. Kenapa harus menggunakan dua jenis bahan pengembang?

Maksud dari dua jenis bahan tahu bulat untuk mengembangkan yaitu kuning telur dan baking powder. Sebetulnya, bila menggunakan kuning telur saja sudah cukup. Tahu bisa mengembang, tetapi bila sudah dingin, tahu bulat bisa kempes dan tidak membentuk bulat yang sempurna lagi. Meskipun dalamnya sudah kopong dan garing. Oleh karena itu, supaya tahu lebih sempurna dan bisa berbentuk bulat dalam waktu lama, baking powder sangat diandalkan. Sebaliknya, jika kamu menggunakan baking powder saja tanpa kuning telur juga bisa. Namun hasilnya, isi tahu akan kurang rekat atau menempel. Jadi memang perlu kombinasi kedua bahan tahu bulat itu digunakan secara bersamaan agar menghasilkan tahu bulat yang maksimal.

3. Beberapa bumbu tambahan yang bisa kamu kreasikan untuk tahu bulat

Dengan bahan tahu bulat yang sangat sederhana, sebetulnya sudah cukup membuat enak dan gurih. Namun, biasanya bila kamu temui pedagang tahu bulat, pasti disajikan bumbu bubuk rasa tambahan seperti rasa pedas, asin, barbeque, jagung, balado, dan lain – lain. Ini yang membuat rasa tahu bulat lebih beragam. Nah, kamu bisa cari bumbu bubuk rasa di pasar, toko atau supermarket terdekat yang menyediakan bumbu yang kamu inginkan. Kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan saus sambal ataupun mayonnaise sesuai selera.

4. Mengapa tahu harus didiamkan di kulkas beberapa jam?

Hal ini perlu dilakukan agar komposisi baking powder pada adonan tahu bulat tidak bereaksi secara berlebihan. Baking powder yang mengahsilkan banyak karbondioksida akan membuat bahan makanan atau adonan mengembang. Maka dari itu, bahan tahu bulat satu ini memang disarankan tidak terlalu banyak, karena jika berlebihan akan membuat tahu terlalu mengembang dan bisa merusak tesktur.

5. Penggunaan api kecil hingga sedang

Ini dia cara membuat tahu bulat yang perlu kamu terapkan. Penggunaan api kecil hingga sedang mampu menjaga dan mengembangkan tahu secara perlahan dengan sempurna. Kamu akan mendapatkan tahu bulat yang kecoklatan dengan isi yang masih lembut dan tidak mudah kempes atau kisut. Kamu bisa panaskan minyak dan goreng hingga tahu bulat mengambang.

Bahan Tahu Bulat Sangat Terjangkau

Tahu bulat bisa jadi alternatif kamu untuk membuat cemilan yang murah meriah. Kira-kira cukup sediakan Rp. 20.000,- hingga Rp. 30.000,- kamu sudah bisa sajikan cemilan tahu bulat untuk keluarga dan teman – teman. Cara membuat tahu bulat pun sangat mudah, bisa kamu ikuti di rumah. Semua bahan tahu bulat juga mudah ditemukan.  Untuk menggoreng tahu bulat, kamu juga bisa gunakan panci Chefina ataupun KitchenAid di BelanjaDapur. Setelah di goreng, tahu bulat bisa kamu langsung tiriskan di iron net pada panci. Cara membuat tahu bulat sebetulnya memang hanya bermodalkan panci yang bisa kamu temukan di Belanjadapur.com. Mudah bukan? Yuk ikuti resepnya dan masak dengan panci kesayangan kamu.

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply