You are currently viewing Cara Menggunakan Panci Presto Beserta Manfaatnya

Cara Menggunakan Panci Presto Beserta Manfaatnya

Dapur tanpa panci presto ibarat manusia tanpa alas kaki. Saking pentingnya kehadiran panci satu ini, tak bisa disangkal menjadi kebutuhan setiap pekerja di dapur. Kegunaan panci presto yang utama jelas untuk menghemat waktu dan tenaga kamu dalam memasak. Panci presto hadir sebagai bentuk inovasi dan modifikasi dari berkembangnya teknologi alat masak. Kegunaan panci presto juga sebagai bentuk penghematan energi saat memasak. Jika mengingat di era tradisional, memasak daging seringkali memakan waktu ber jam-jam lamanya karena hanya menggunakan wajan atau panci biasa diatas kompor ataupun kayu. Kesadaran akan hal tersebut, penemu menciptakan panci khusus yang dinamakan presto atau juga dikenal pressure cooker untuk mempermudah kegiatan memasak. Dengan Kegunaan panci presto yang banyak dan menguntungkan, maka tak heran panci ini juga sering digunakan di restoran, kantin, hingga hotel sekalipun. Cara menggunakan panci presto juga cukup praktis.

Panci presto berbeda dengan panci pada umumnya, panci ini sebagai alat masak modern yang memanfaatkan uap air dengan tekanan yang tinggi, memiliki fitur katup uap panas serta pengunci pada tutupnya yang sangat rapat dan aman. Biasanya diatas penutup panci presto terdapat komponen untuk mengatur sirkulasi udara pada dalam panci. Kegunaan panci presto bisa untuk merebus, mengukus dan mengungkep makanan. Eits! Tapi tidak hanya itu, dengan panci presto kamu bisa membuat makanan bertesktur keras menjadi sangat empuk dan lembut hanya dalam hitungan menit saja lho. Sehingga, waktu, energi serta tenaga kamu tidak akan terbuang sia-sia. Panci presto hadir dengan beberapa merek salah satunya Tramontina yang didesain dengan bahan alumunium anti lengket. Adapula panci presto merek lainnya dengan bahan stainless steel. Panci presto biasa dijual dengan kapasitas yang besar yaitu dimulai dari 4 Liter hingga 8 Liter.

Kegunaan Panci Presto yang Wajib Kamu Miliki di Rumah

Panci presto memiliki banyak manfaat kegunaan yang bisa kamu rasakan seperti:

1. Memasak lebih cepat

Dengan fiturnya yang banyak, kegunaan panci presto mampu mematangankan makanan dengan cepat. Memanfaatkan uap air dengan tekanan yang tinggi, lalu proses memasak diatas panci presto akan dimulai saat suhu berada diatas suhu air mendidih sekitar kurang lebih 100 derajat celsius. Sehingga, proses pematangan makanan akan lebih cepat dibandingkan dengan panci pada umumnya yang tidak memiliki tekanan tinggi. Menurut penelitian, memasak dengan panci presto memakan perkiraan waktu 30% lebih cepat dibanding memasak dengan metode konvesional. Sehingga, waktu memasak kamu akan lebih efektif dan efisien bisa untuk dipergunakan melakukan kegiatan lainnya.

2. Hemat energi

Memasak dengan panci presto tidak memerlukan waktu lama, sehingga bahan bakar gas ataupun minyak tanah tidak akan terbuang banyak. Menurut American Council for an Energy – Efficient Economy, panci presto menghemat penggunaan energi sekitar 50 hingga 75% lebih sedikit dibanding dengan panci pada umumnya. Jenis panci ini cocok untuk kamu yang suka memasak rendang, gulai, ataupun masakan yang membutuhkan waktu lama untuk mematangkan protein. Kegunaan panci presto satu ini juga secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran untuk bahan bakar.

3. Kandungan Gizi dan Nutrisi Makanan Terjaga

Kegunaan panci presto lainnya mampu menjaga kandungan vitamin, mineral serta rasa daripada makanan yang direbus. Karena, tidak banyak air yang larut serta kandungan gizi dan nutrisi dapat tetap terjaga didalam makanan. Kamu hanya perlu pemakaian air yang sedikit untuk penggunaan panci presto. Dengan waktu memasak yang cepat, maka kandungan nutrisi baik juga tidak terurai.

4. Makanan yang dihasilkan lebih sehat

Penggunakan panci presto bertekanan tinggi saat memasak mampu membunuh mikroorganisme seperti bakteri ataupun virus yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan saking panasnya suhu yang digunakan, mampu melunakkan tulang ikan dan ayam. Salah satu makanan terkenalnya seperti bandeng presto. Kenikmatan yang bisa kamu rasakan pula ketika durinya juga dapat dimakan dan tak akan menjadi masalah bagi tubuh kamu. Kegunaan panci presto satu ini sebetulnya sangat dibutuhkan untuk asupan kamu sehari-hari.

Nah, itu dia beberapa kegunaan panci presto yang akan kamu dapatkan. Meskipun memang harga panci presto pada umunya di banderol dengan harga yang lumayan tinggi, tapi kamu akan merasakan manfaat yang sebanding. Lalu, sudah pada tahu belum bagaimana sih cara menggunakan panci presto? Sebetulnya cukup sederhana, namun masih banyak yang bingung cara menggunakan panci presto. Karena tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya. Apabila memakai dengan asal-asalan, akan berakibat pada hasil makanan kamu menjadi tidak enak.

Cara Menggunakan Panci Presto yang Tepat

1. Cek kondisi panci presto

Hal pertama yang wajib kamu lakukan yaitu periksa kondisi panci presto sebelum digunakan. Perlu juga untuk kamu membaca buku panduan cara menggunakan panci presto yang biasanya tersedia didalam kardus panci, agar lebih jelas dan mendetail. Karena, setiap merek memiliki fitur, jenis dan fungsi yang berbeda. Kamu perlu periksa kelengkapan setiap fitur pada panci, jangan sampai ada yang tertinggal. Kamu juga perlu mencuci panci presto terlebih dahulu untuk memastikan kebersihan serta memaksimalkan fungsi panci. Apabila terdapat kotoran pada katup uap pada penutupnya, bisa menghambat proses masak. Apalagi bila gasket panci sudah tidak rekat, maka penutup panci bisa tidak rapat maka bisa-bisa masakan kamu akan matang dalam waktu yang lama.

2. Masukkan bahan makanan dalam jumlah yang tepat

Biasanya tersedia batas isi panci pada panci presto yang perlu kamu ikuti. Cara menggunakan panci presto memang mudah, cukup ikuti langkah ini. Apabila kamu mengisi terlalu penuh, maka tekanan panci bisa berkurang bahkan makanan kamu bisa tidak matang dengan merata. Panci juga tidak bekerja terlalu keras apabila kamu mengisi dengan komposisi secukupnya.

3. Atur suhu api dengan tepat

Cara menggunakan panci presto satu ini yang perlu kamu cermati. Pada saat penggunaan awal, kamu boleh gunakan api besar agar panci presto cepat memanas. Lalu, ketika panci presto mengeluarkan bunyi suara dan uap, maka kamu harus mengecilkan suhu api. Bunyi suara pada panci presto menandakan tekanan uap panci mencapai suhu yang tinggi. Maka, perlu adanya pengurangan panas dari kompor. Biarkan uap meratakan panasnya pada makanan didalamnya.

4. Tidak membuka penutup panci presto sebelum uap hilang

Perlu kamu perhatikan, cara menggunakan panci presto satu ini tidak boleh diabaikan. Setelah mematikan panci, tunggu uap panci hilang menyeluruh yang ditandai dengan habisnya uap yang keluar dari katup pada penutup panci. Jika tutup panci dipaksa dibuka, maka uap akan keluar cepat dan tidak aman untuk kamu.

Jadi, itu dia cara menggunakan panci presto yang wajib kamu cermati. Memang terlihat sepele, namun cara menggunakan panci presto yang tepat akan menghasilkan makanan yang matang dengan sempurna pula. Selain itu, panci presto kamu juga akan terawat dan terjaga sepanjang waktu. Jadi, masih ragu untuk gunakan panci presto? Yuk kunjungi belanjadapur.com untuk dapatkan panci presto yang kamu inginkan!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply