You are currently viewing Demi Bikin Pecel Pitik Otentik, Chef Juna Rela Ngulek Pakai Tangan

Demi Bikin Pecel Pitik Otentik, Chef Juna Rela Ngulek Pakai Tangan

Apa yang ada dibenak kalian jika mendengar Pecel Pitik? Tak jarang pasti ada yang memikirkan makanan dengan aneka sayur dan lauk yang dilumuri bumbu kacang. Eits! Jangan keliru, pecel pitik ini justru menggunakan bahan utama suwiran ayam kampung muda dengan bumbu rempah beraroma sedap dan taburan parutan kelapa yang gurih. Pecel pitik merupakan makanan khas yang terkenal dari daerah Banyuwangi umumnya disajikan pada acara istimewa seperti slametan. Menurut penduduk setempat, pecel pitik memiliki filosofi yang unik lho! Dahulu merupakan salah satu kuliner khas yang disajikan saat ada ritual suku Ohing di Banyuwangi. Pecel pitik memiliki makna “diucel-ucel hang perkara apik” yang artinya dilumuri dengan berbagai perkara yang baik dan proses memasaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Cara memasaknya pun menggunakan kayu yang dibakar. Namun, seiring berkembangnya zaman, pecel pitik mulai di modifikasi, tetapi justru masih menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Tidak hanya terkenal pesona alamnya saja, kuliner Banyuwangi juga tak kalah menawan. Untuk itu, kali ini Chef Juna tertarik untuk memasak Pecel Pitik khas Banyuwangi. Semua rempah – rempahnya juga mudah di dapat di pasar atau supermarket terdekat. Penasaran dengan rasanya? Ayo masak juga dengan resep dari Chef Juna! Tonton video masak lengkapnya disini https://www.youtube.com/watch?v=mNqei65exsw&t=6s

Untuk membuat pecel pitik, Chef Juna menggunakan 1 buah ayam kampung utuh yang dibaluri bumbu rempah. Kemudian direbus diatas panci Dutch Oven Cata. Jika diperhatikan, panci ini sangat fungsional. Material panci terbuat dari bahan enamel cantik dan mengkilap, yang sebetulnya jika masak menu lainnya, panci Cata bisa langsung disajikan diatas meja makan, tanpa harus memindahkan makanan ke piring saji. Kemudian, dengan diameter dan kapasitas yang cukup besar, panci ini mampu merebus 1 ayam utuh. Sehingga, memasak menjadi lebih efektif karena tak harus memotong beberapa bagian agar muat dimasak terlebih dahulu.

 

Kali ini, Chef Juna tidak menggunakan blender untuk mengancurkan dan mengaduk bumbu, tapi hanya menggunakan ulekan. Hal ini sebetulnya dilakukan untuk mempertahankan autentik dari bumbu pecel pitik tersebut. Banyak orang juga berpendapat, bahwa bumbu yang diulek lebih sedap karena ada sensasi ulekan dari tangan sendiri dan hasil tekstur bumbu nya juga akan berbeda. Jangan lupa juga untuk memotong bahan bumbu masakan terlebih dahulu untuk mempermudah kamu saat proses pengulekan.

Kemudian, untuk mengolah bumbu masaknya, Chef Juna menggunakan frying pan Marino yang menjamin bumbu pecel pitik akan matang semua sisi karena bahan material yang terbuat dari alumunium extra tebal dan anti lengket. Jadi, tak perlu khawatir ada bumbu pecel pitik yang tidak matang ataupun sisa bumbu yang menempel. Untuk menjaga frying pan tetap mulus, kamu harus gunakan spatula berbahan kayu. Tapi, kamu juga bisa memilih spatula silikon Oxone sebagai alternatif. Karena bila masih menggunakan spatula stainless steel, ditakutkan frying pan kamu akan tergores.

Bila kamu mengenal produk Cata, BelanjaDapur menyediakan satu set panci dari merek tersebut. Panci yang serbaguna, tidak hanya bisa untuk merebus atau membuat saus dan kaldu, Chef Juna juga gunakan sauce pan Cata untuk proses deep frying kulit ayam. Pastikan gunakan suhu yang cukup, sehingga kulit ayam bisa mencapai tekstur yang renyah.

Nah, untuk menambah aroma masakan dan mempercantik hidangan, Chef juna gunakan daun pisang sebagai alas mangkuk saji serta mangkuk Narumi berbentuk kotak yang elegan. Kamu juga bisa gunakan mangkuk saji berbentuk lainnya yang bisa membuat hidangan semakin menggugah selera. Taraaa! Menu pecel pitik siap dihidangkan. Jangan lupa tambahkan kondimen cantik agar semakin lengkap.

Semua produk mulai dari panci, frying pan hingga berbagai piring bisa kamu temukan di www.belanjadapur.com lho! Nikmati diskon menarik untuk produk – produk tertentu. Kamu juga bisa dapatkan info resep dari chef professional di channel youtube Belanja Dapur Official. Jangan lupa untuk like, comment dan subscribe channel Youtube nya yaa. Selamat mencoba!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply