You are currently viewing Gimana sih Cara Membuat Santan Kental? Ini Dia Takaran yang Tepat!

Gimana sih Cara Membuat Santan Kental? Ini Dia Takaran yang Tepat!

Makanan yang mengandung santan biasanya punya rasa yang gurih dan lezat. Apalagi buat warga Sumatera, gak afdol rasanya kalau tidak mengonsumsi makanan bersantan. Setuju? Salah satu kunci kenikmatan dari gulai, kari, opor, rendang hingga menu dessert ada pada peran santan. Namun, dibalik kelezatannya, kalian perlu memperhatikan kesegaran santan yang kalian pakai ya! Jangan sampai kalian menggunakan santan yang sudah tidak fresh, atau sudah basi untuk memasak. Karena akan mengakibatkan rasa makanan yang tidak karuan. Banyak juga yang bilang kalau bikin santan sendiri lebih nikmat rasanya dibanding beli di pasar atau yang instan. Jadi, udah pada tau belum cara membuat santan? Santan juga memiliki 3 jenis konsistensi yang berbeda yaitu santan kental, sedang, dan encer. Mau tau caranya? Simak yuk cara membuat santan dari channel youtube Glentina Pasaribu yang berjudul “Cara Membuat Santan Segar, Awet Berbulan-Bulan!”

Bahan:

  • 3 butir kelapa yang sudah diparut dan dikerok
  • 2.5 Liter air mineral

Cara Membuat Santan Kental

  1. Siapkan gelas ukuran 200ml berisi air mineral.
  2. Masukkan air mineral sebanyak 800ml kedalam kelapa parut. Lalu, aduk dan remas hingga kurang lebih selama 1 menit.
  3. Saring santan hingga kelapa benar benar kering.
  4. Saring santan kembali hingga cairannya bersih. Santan kental siap digunakan.

Dari air ukuran 800ml, kalian bisa mendapatkan santan sebanyak kurang lebih 1 liter. Penyaringan santan 2x diperlukan agar santan yang didapatkan benar benar bersih tanpa ada bulir kelapa yang tertinggal. Kemudian, cara membuat santan encer, cukup gunakan parutan kelapa sebelumnya, dan lakukan cara yang sama dengan sisa air mineral atau sekitar 1.7 liter. Kalian akan mendapatkan santan dengan konsistensi encer sesuai yang diinginkan. Tips agar santan keluar maksimal yaitu masukkan air mineral secara perlahan atau sedikit demi sedikit. Lalu, remas kelapa hingga merata. Kemudian, masukkan air mineral kembali. Dengan cara seperti itu lebih efektif untuk mengeluarkan santan dengan mudah. Dari air ukuran 1.7 liter, kalian bisa mendapatkan santan sebanyak kurang lebih 2 liter. Memang perlu kesabaran lebih untuk mengikuti cara membuat santan agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Tips Cara Membuat Santan agar Lebih Tahan Lama

Seperti yang disampaikan dalam video youtube tersebut, santan bisa disimpan dalam waktu yang lama apabila proses pembuatannya tepat. Usahakan hanya membuat santan dengan konsistensi kental, agar tidak menyimpan banyak tempat saat dimasukkan kedalam kulkas. Tips selanjutnya yaitu simpan santan menjadi beberapa bungkus. Jadi, 1 bungkus santan bisa digunakan untuk 1x masak. Untuk santan kental bisa memasukkan 250ml per bungkus, dan untuk santan sedang bisa memasukkan 500ml per bungkus. Jangan lupa aduk santan terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam plastik, agar santan tidak mengendap. Usahakan simpan santan didalam freezer agar santan awet hingga berbulan-bulan. Tips lainnya yaitu pindahkan santan dari freezer kedalam chiller sebelum digunakan untuk memasak. Jika santan sudah mulai mencair (tidak beku), keluarkan ke suhu ruangan minimal 2 jam sebelum digunakan untuk memasak.

Cara Membuat Santan dengan Air Hangat

Berbeda dari sebelumnya, channel youtube Catur Guna Ang yang berjudul “Cara Membuat Santan Sendiri di Rumah | Masak untuk Pemula | Beda Santan Kental Sedang dan Cair” memiliki tips yang berbeda. Untuk membuat santan kental cukup gunakan 1:1 antara parutan kelapa dengan air. Artinya, 1 butir kelapa sekitar 500gr, dengan 500ml air. Upayakan gunakan air hangat agar sari sari kelapa lebih optimal. Langkah pembuatan santan masih sama, yaitu tuang air dan peras hingga parutan kelapa kering. Dari ukuran 1:1 tersebut, akan menghasilkan santan kurang lebih 650ml. Penambahan volume air santan ini disebabkan karena kelapa sendiri memiliki kandungan air. Maka dari itu, apabila dicampur dengan air, maka volume nya akan bertambah. Santan bisa langsung digunakan untuk memasak ataupun disimpan di dalam kulkas.

Agar santan bisa awet dalam jangka waktu yang lama, santan perlu direbus terlebih dahulu. Lalu, aduk aduk hingga dingin dan masukkan kedalam wadah tertutup yang kedap udara. Kemudian, simpan dalam freezer. Tips lain agar semakin awet hingga 1-2 bulan, lakukan cara yang sama, dan tambahkan sedikit garam selagi direbus. Jangan sampai simpan santan saat masih panas atau hangat, karena bisa merusak freezer. Untuk pembuatan santan encer atau santan cair, gunakan parutan kelapa yang sudah dijadikan santan sebelumnya, lalu masukkan air dan lakukan hal yang sama untuk membuat santan. Santan encer akan menghasilkan warna yang lebih bening. Selanjutnya, untuk santan sedang sendiri, gunakan 1:2 atau 1:3 antara 1 butir kelapa dengan air yang digunakan. Artinya 1 kelapa berukuran 500gr dengan air 1 liter atau 1.5 liter. Proses cara membuata santan masih sama, hanya saja takaran komponennya yang berbeda.

Kalian juga bisa gunakan saringan dari Reno untuk membuat santan di website belanjadapur.com atau tokopedia Belanja Dapur Official ataupun Shopee belanjadapur.official yang dibanderol dengan harga Rp 50.000,- hingga Rp 60.000,-. Saringan kuat, awet tahan lama berbahan stainless steel asli dan dibalut silikon anti panas pada gagangnya. Tersedia dua ukuran dengan diameter 16cm dan 18cm. Ada juga yang bilang kalau sekali bikin santan sendiri, maka seterusnya akan tidak suka beli santan di pasar ataupun instan. Karena rasanya yang berbeda dan lebih ‘nendang’ jika bikin sendiri. Jadi, udah siap bikin santan?

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply