You are currently viewing Ketahui Kegunaan Microwave yang Beragam!

Ketahui Kegunaan Microwave yang Beragam!

Microwave cenderung dikenal sebagai alat yang hanya bisa menghangatkan ataupun mencairkan makanan. Makanan apa aja sih yang biasanya kamu proses didalam microwave? Roti? Pop corn? Cokelat? Atau lainnya? Sebetulnya, kegunaan microwave sangat beragam sehingga membuat kegiatan memasak lebih efektif, cepat dan aman selama kamu mengikuti cara menggunakan microwave yang sesuai dengan ketentuannya. Sebaliknya, jangan terkejut apabila kamu tidak mengikuti aturan penggunaannya, maka makanan kamu bisa bisa hangus seketika bahkan bisa berbahaya.

Untuk berinvestasi dalam membeli microwave, bukan hanya perlu berfokus pada membandingkan harga, merek, ataupun modelnya. Tetapi lebih dari itu, kamu perlu memahami betul apa fungsi sebenarnya sehingga kamu bisa membeli microwave yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Lantas, selain untuk menghangatkan makanan, apa aja sih kegunaan microwave?

Kegunaan Microwave untuk Sehari-Hari

1. Memasak makanan

Kegunaan microwave masa kini bisa menjadi pengganti kompor untuk masak setiap hari. Kamu bisa mengukus, memanggang, hingga membakar berbagai makanan di dalam microwave. Salah satunya dengan microwave Panasonic yang memiliki teknologi inverter mampu mematangkan makanan secara merata. Aliran listrik dengan gelombang elektromagnetik yang menyebar keseluruh permukaan, mampu mematangkan makanan dengan sempurna hingga titik terdalam. Kamu juga bisa memanfaatkan kegunaan microwave untuk merenyahkan roti, biskuit, ataupun keripik yang sudah tidak renyah. Cara menggunakan microwave untuk merenyahkan kembali cukup masukkan makanan dan panaskan selama sekitar 10 menit. Kamu akan dapatkan makanan yang bertekstur renyah kembali. Kemudian, dalam beberapa microwave juga memiliki boiler untuk menginjeksikan uap panas langsung keatas makanan yang efektif untuk mengukus makanan. Mulai sekarang, kamu bisa memanaskan atau mendidihkan sup, memanggang pasta, mematangkan makanan beku, memasak kue, merenyahkan kentang, dan mengukus sayuran semakin mudah dan cepat.

Cukup ikuti instruksi cara menggunakan microwave pada fitur alatnya, serta bila ada ikuti juga cara memasak di dalam microwave pada kemasan makanannya. Hindari pula menggunakan wadah bersegel karena dapat menyebabkan ledakan, hindari memasak telur yang belum dikupas karena bisa meledak akibat tekanan yang menumpuk serta selalu gunakan sarung tangan masak saat mengukus makanan agar terhindar dari cipratan air.

2. Melelehkan madu dan cokelat

Madu yang sudah disimpan lama tak jarang akan mengkristal dan menjadi keras sehingga sulit untuk diambil. Jangan sampai dibuang bila belum sampai masa kadaluarsa ya! Begitupun dengan cokelat yang disimpan didalam kulkas, tentu butuh waktu yang lama untuk melelehkan bila memakai cara konvensional. Kegunaan microwave yang handal mampu melelehkan madu dan cokelat kembali. Perhatikan terlebih dahulu apakah toples madu aman dimasukkan didalam microwave atau tidak. Jika tidak, pindahkan madu kedalam wadah yang bisa dimasukkan kedalam microwave. Sama halnya dengan cokelat, gunakan wadah yang aman untuk memprosesnya. Cara menggunakan microwave untuk melelehkan madu dan cokelat, cukup masukkan madu dan cokelat berserta wadahnya dan panaskan dalam waktu 30 detik. Lalu, apabila belum meleleh sempurna ulangi kembali di waktu yang sama hingga madu dan cokelat bisa meleleh merata dan bisa dikonsumsi lagi.

3. Mengembangkan ragi atau adonan kue

Jika biasanya untuk mengembangkan ragi atau adonan kue dengan cara manual membutuhkan waktu berjam-jam, kegunaan microwave bisa membantu memaksimalkan mengembangkan adonan dalam waktu lebih singkat. Cara menggunakan microwave untuk mengembangkan ragi atau adonan, cukup panaskan adonan selama 3 menit. Selanjutnya diamkan selama 3 menit. Kemudian, panaskan kembali didalam microwave selama 3 menit. Lalu, diamkan kembali selama 6 menit. Jika ditotal, kamu hanya perlu waktu 15 menit untuk mengembangkan ragi atau adonan hingga maksimal. Cukup efisien bukan?

4. Disinfeksi peralatan dapur dan botol

Kegunaan microwave satu ini sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan bakteri atau bau pada botol susu dan peralatan masak seperti spons cuci piring atau talenan yang biasa digunakan untuk mengolah daging dan makanan bau lainnya. Usahakan rendam dan gosok pada barang yang mau kamu bersihkan dengan jus lemon terlebih dahulu. Lalu, ikuti cara menggunakan microwave pada umumnya dengan panaskan selama 1 menit. Spons akan kembali segar seperti baru, talenan akan lebih bersih, bau pada botol susu akan hilang serta seluruhnya akan terjamin terbebas dari bakteri.

5. Membantu memeras buah lebih mudah

Jeruk atau lemon yang tersimpan dalam kulkas beberapa hari, biasanya akan mengering dan sulit untuk diperas. Nah, kamu bisa manfaatkan kegunaan microwave untuk membantu menyegarkan buah kembali, sehingga mudah diperas dan mendapatkan sarinya dengan mudah. Hanya perlu panaskan jeruk atau lemon selama 20 detik, lalu kamu akan mendapatkan perasan buah yang melimpah dengan cepat. Coba praktikkan cara menggunakan microwave satu ini untuk memeras buah dan buktikan hasilnya!

6. Metode memasak otomatis

Semakin banyak fitur pilihan makanan pada microwave yang kamu miliki, maka semakin mudah pula memproses makanan secara otomatis. Cara menggunakan microwave satu ini hanya dengan memasukkan makanan kedalam microwave, dan pilih tombol di microwave sesuai dengan jenis makanannya. Microwave seketika akan mengatur suhu dan waktu pemanasan secara otomatis. Kegunaan microwave satu ini sangat membantu untuk kamu pemasak pemula yang bingung memilih waktu yang tepat dalam memproses makanan.

7. Mengupas bawang anti repot

Umumnya, bawang menjadi bahan yang sering dibutuhkan untuk setiap masakan. Belum lagi kalau butuh bawangnya banyak dan sudah lengket, bisa bisa waktu kerja habis hanya untuk mengupas bawang. Nah, kamu bisa pakai bantuan microwave sebagai solusinya. Cara menggunakan microwave untuk mengupas bawang hanya panaskan selama 20 hingga 30 detik saja. Bawang akan terkupas otomatis dan waktu kerja kamu akan lebih efisien. Selamat mencoba!

Dengan mengetahui kegunaan microwave yang beragam, diharapkan bisa membantu kamu untuk bisa memanfaatkan microwave lebih maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu bersihkan microwave agar tetap awet jangka panjang. Yuk cari microwave yang kamu suka disini!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply