You are currently viewing Manfaat Teh Jahe yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh!

Manfaat Teh Jahe yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh!

Minuman teh jahe bukan rahasia lagi menjadi salah satu yang paling banyak dicari terutama dikala cuaca hujan. Rasa khas yang sedikit pedas dan memberikan kehangatan untuk tubuh secara alami mampu mengalahkan dinginnya hari. Faktanya, jahe memang terkenal sebagai salah satu rempah-rempah paling baik untuk kesehatan tubuh yang mengandung vitamin C, vitamin B3 dan B6, magnesium, potassium dan mineral lainnya. Minuman teh jahe dibuat dengan memasukkan jahe kering atau segar kedalam cangkir yang berisi air hangat selama beberapa menit, sambil menunggu kandungan minyak jahe melebur bersama air. Kini juga tersedia minuman teh jahe dalam bentuk sachet atau kantong teh yang lebih praktis dalam pembuatannya. Tak perlu repot lagi menyaring ampasnya, kalian bisa merasakan manfaat teh jahe dengan maksimal.

Manfaat teh jahe yang Baik untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imun atau kekebalan tubuh

Di masa pandemi saat ini, hal yang paling penting agar kesehatan tetap terjaga yaitu dengan mengupayakan menjaga kekebalan tubuh tetap baik. Salah satu upayanya bisa dengan rutin mengonsumsi minuman teh jahe. Kandungan antioksidan pada minuman teh jahe mampu membantu melindungi tubuh dari kerusakan. Minyak pada jahe memiliki sifat anti-inflamasi sehingga cukup efektif untuk membantu melawan banyak infeksi. Menurut penelitian, jahe juga mengandung bahan gingerol, shogaol, dan paradol yang dapat mencegah atau melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti kanker. Manfaat teh jahe juga dipercaya dapat meredakan stress dan ketegangan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh, serta meredakan sakit kepala, flu hingga nyeri haid. Menghirup uap dari minuman teh jahe jugabisa membantu meredakan hidung tersumbat.

2. Meredakan rasa mual

Manfaat teh jahe juga bisa dirasakan ketika dilanda mabuk perjalanan. Rasa mual, pusing, keringat dingin, hingga muntah bisa diredakan dengan mengonsumsi minuman teh jahe hangat. Namun sebetulnya, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan teh jahe efektif untuk cegah mual saat mabuk perjalanan, tapi tetap bisa dicoba sebagai langkah alternatif untuk membatasi konsumsi obat.

Selain itu, mual karena hamil, hingga efek mual setelah menjalani kemoterapi juga bisa diredakan dengan mengonsumsi minuman teh jahe. Komponen aktif dalam jahe seperti minyak atsiri dan senyawa fenol yang disebut gingerol dapat membantu meredakan rasa mual berlebih. Namun tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

3. Membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Penelitian menemukan bahwa konsumsi jahe setiap hari mampu menurunkan resiko hipertensi. Manfaat teh jahe bisa membantu mengatasi atau mencegah berbagai penyakit berkat kandungan antioksidan, mineral dan asam amino dalam minuman jahe. Minuman teh jahe juga mampu mencegah serangan jantung, mencegah pembekuan darah, meredakan sakit maag, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta meningkatkan sirkulasi darah yang pada intinya baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Membantu menurunkan berat badan

Menurut beberapa penelitian, jahe memberikan dampak positif pada obesitas, salah satu caranya dengan pengendalian nafsu makan dan menstimulasi metabolisme.  Tidak hanya teh hijau, minuman teh jahe juga bisa dijadikan bagian dari diet seimbang. Dengan tetap menjaga pola makan sehat dan rajin berolahraga. Cukup rutin minum secangkir hingga 3 cangkir dalam sehari manfaat teh jahe untuk menurunkan berat badan akan terasa.

5. Membantu meringankan keluhan pencernaan

Manfaat teh jahe juga bisa dirasakan untuk menenangkan masalah pencernaan. Teh jahe akan membantu meningkatkan penyerapan makanan dengan maksimal sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, mengonsumsi teh jahe juga dapat mengatasi perut kembung akibat makanan terlalu banyak.

6. Meredakan nyeri sendi dan otot

Minuman teh jahe memiliki sifat anti peradaganan yang terbukti mampu meringankan rasa sakit osteoarthritis pada lutut, menenangkan otot yang sakit, dan sendi yang kaku. Manfaat teh jahe akan terasa bila dikonsumsi secara rutin dalam waktu kurang lebih 6 bulan untuk mengurangi rasa nyeri sendi dan otot secara signifikan.

Produk Minuman Teh Jahe

Minuman teh jahe yang bisa kalian nikmati yaitu produk dari Kepala Djenggot, salah satu produsen teh terbaik di Indonesia. Kalian bisa dapatkan di website belanjadapur.com atau tokopedia Belanja Dapur Official ataupun shopee Belanjadapur.official. Tersedia dua jenis yaitu teh jahe 240 gram dengan packaging berwarna hijau dan teh jahe wangi 200 gram dengan packaging berwarna kuning.

Teh jahe 240 gram dibuat dari jahe murni dan daun teh pilihan yang premium, beserta campuran gula pasir murni, minuman teh jahe wangi diperuntukkan untuk penikmat teh dengan sensasi jahe yang pekat. Selanjutnya, teh jahe wangi 200 gram juga tak kalah nikmat, mengandung jahe asli dengan paduan gula pasir murni, rasanya lebih pedas dan asli jahenya. Harga teh jahe 240 gram dan teh jahe wangi 200 gram dibanderol dengan harga yang sama yaitu masing-masing Rp 21.850,- dan lebih murah bila beli 3 produk sekaligus dengan harga Rp 62.272,- saja.

Cara Minum Teh Jahe

Caranya cukup ambil kantong teh dan larutkan di dalam air panas. Kalian juga bisa berinovasi untuk mencampurkan minuman teh jahe dengan susu, jeruk nipis, lemon ataupun madu agar memberikan rasa yang berbeda. Meski demikian, terutama bagi orang yang sedang mengonsumsi obat atau mengidap penyakit tertentu sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai seberapa banyak teh jahe yang bisa diminum setiap hari. Karena setiap orang memiliki keluhan yang berbeda dan jika dikonsumsi sangat berlebihan dapat menyebabkan efek samping tertentu seperti kembung, mulas, mual ataupun nyeri ulu hati. Klik disini untuk berbelanja ya!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply