You are currently viewing Mau Bisa Masak? Ini 5 Macam Macam Panci yang Wajib Dimiliki Pemula

Mau Bisa Masak? Ini 5 Macam Macam Panci yang Wajib Dimiliki Pemula

Aktivitas memasak tidak hanya berfokus pada bagaimana makanan diciptakan, tapi juga perlu memperhatikan peralatan memasak apa yang harus digunakan. Sebagai pemasak pemula, sudah pasti kamu tak akan bisa lepas dari yang namanya panci. Apalagi kalau kamu mau memasak masakan berkuah, seperti sup ikan, soto kuah bening, atau sekedar merebus kentang. Tapi, tahukah kamu kalau panci punya beberapa macam jenis lho! Biar ga kebingungan buat milih panci, simak macam macam panci berikut ini.

Macam Macam Panci yang Wajib dimiliki

1. Dutch Oven

Dutch Oven atau yang dikenal sebagai panci sop di Indonesia adalah panci multi fungsi yang sangat berguna untuk hampir semua jenis masakan. Berbentuk lingkaran dengan 2 pegangan simetris kiri dan kanan, panci ini hadir dalam berbagai jenis ukuran yaitu 16 / 18 / 20 / 22 / 24 cm. Idealnya untuk keluarga kecil 2-4 orang, Dutch Oven berukuran 20 / 22 cm cukup bisa digunakan, sedangkan untuk keluarga besar, kamu bisa membeli dengan ukuran 24 cm seperti yang ada disini. Apabila kamu perlu untuk membuat saus atau kudapan manis seperti kolak, bubur kacang hijau, dan lain – lain, kamu bisa menggunakan Dutch Oven ukuran 16 / 18 cm.

Sesuai dengan namanya, Dutch Oven juga dimanfaatkan untuk memasak di dalam oven. Kamu bisa mencoba untuk masak beberapa jenis protein seperti daging-dagingan. Pada mulanya daging diolah dengan bumbu racikan diatas kompor, lalu setelah setengah matang, bisa kamu pindahkan ke dalam oven yang tujuannya untuk mematangkan proteinnya secara sempurna. Namun, tak perlu khawatir apabila kamu ingin memasak diatas kompor tanpa memindahkan kedalam oven, makanan juga tetap bisa matang sempurna dengan pengaturan suhu api yang kecil dan jangan lupa untuk sering mengaduknya.

#TipsBeDa sarankan untuk selalu pelajari teknik dalam memasak karena daging yang dimasak terlalu lama akan menghasilkan makanan yang terlalu matang (overcook) bahkan menjadi keras dan alot. Jadi, harus pintar dalam mengolah masakan menggunakan Dutch Oven. Macam macam panci dutch oven juga dijual beberapa merek terkenal di Indonesia seperti Materchef, Chefina, Cata dan lain – lain.

2. Sauce Pan

Sauce Pan biasa digunakan untuk membuat saus atau kudapan manis cair dalam porsi yang lebih sedikit. Gagang panjang di Sauce Pan memudahkan proses penuangan dengan 1 tangan. Berbeda dengan Dutch Oven, biasanya Sauce Pan tidak dimasak di dalam oven karena ukuran gagangnya yang panjang. Ukuran Sauce Pan yang termasuk kecil dirasa cukup praktis memudahkan pembuatan merebus telur, mie, kolak, bubur kacang hijau, maupun saus siram.

Macam macam panci sauce pan tersedia dengan beberapa ukuran. Sebetulnya hingga ukuran 16 cm, pada umumnya panci bergagang ini masih disebut Sauce Pan. Kamu bisa temukan di belanjadapur.com dengan merek Chefina. Ada pula bentuk panci yang sama tetapi ukurannya lebih kecil yaitu 14 cm biasa di sebut Milk Pot. Kamu bisa temukan Milk Pot dengan merek Masterchef Professional di Belanjadapur.com. Selain itu, ada istilah lain untuk bentuk panci yang sama namun ukurannya lebih besar yaitu 18 cm sering disebut Stock Pot, seringkali digunakan untuk membuat sup atau kaldu. Jadi, ketiga istilah Sauce Pan, Milk Pot dan Stock Pot dapat di representasikan oleh bentuk dan kegunaan yang kurang lebih cukup sama hanya ukurannya saja yang berbeda.

3. Frying Pan / Skillet

Frying pan / skillet atau panci penggorengan, pada umumnya memiliki ukuran dasar rata dengan diameter 22 / 24 / 26 cm dan ketinggian yang sedang. Pengukuran panci Frying Pan ini biasanya dihitung dari bibir ke bibir, yang berarti bagian dasarnya akan lebih kecil.

Frying pan dengan dasar rata ini biasanya digunakan untuk mengolah bahan makanan seperti telur, daging (steak), ikan dan berbagai bahan fillet lainnya dengan ketebalan kira-kira 2-3 cm yang memasaknya tidak membutuhkan terlalu banyak minyak. Berbeda dengan wajan penggorengan atau biasanya disebut wok. Frying Pan tidak bisa memuat banyak minyak. Oleh sebab itu, tidak disarankan pula untuk melakukan proses deep frying. Kamu juga bisa gunakan frying pan untuk menumis sayur. Macam macam panci frying pan tersedia dalam beberapa merek terkenal seperti Tefal, KitchenAid dan lainnya. Frying Pan ini cocok untuk para pemasak pemula yang merasa takut terkena semprotan banyak minyak saat menggoreng.

4. Wok / Wajan Penggorengan

Mirip dengan Frying Pan, Wok ini terkenal dengan sebutan wajan. Bentuknya cekung setengah lingkaran dan dapat memuat minyak dalam jumlah banyak. Wajan ini sangat populer sebagai alat masak untuk semua jenis masakan Asia dan juga sangat multifungsi. Cukup efektif untuk menggoreng bahan makanan hingga mendapatkan tekstur yang renyah ataupun melakukan proses deep frying.

Karena bentuknya yang cekung, wajan akan sangat mempermudah proses flipping atau membalikan bahan makanan, terutama pada saat deep frying bahan makanan yang halus dan mudah hancur seperti tahu atau pisang. Namun, penggunaan wok cukup menurun karena terlalu banyak menghabiskan minyak untuk mematangkan makanan. Tapi siapa yang tidak menggemari pisang atau lumpia goreng sesekali untuk menemani kopi disore hari? Walaupun mungkin tidak digunakan setiap waktu, wok atau wajan ini cukup serbaguna dan menjadi salah satu kebutuhan dapur yang tidak dapat diabaikan. Macam macam panci wok juga bisa kamu temukan di sini.

5. Saute Pan

Saute Pan, sesuai namanya digunakan untuk sauteeing, yang berarti menumis dengan sedikit minyak. Saute Pan ini pada umumnya memiliki dasar rata, bibir tegak dengan ketinggian medium dan tutup. Tinggi bibir Saute Pan membuat proses memasak lebih mudah. Karena dasarnya yang datar, maka kematangan makanan akan cukup merata dari tengah sampai pinggir panci. Sebagai contoh, panci Saute Pan berukuran 24 x 7 cm dapat memuat satu ekor ayam yang dimasak di dalam bumbu berkuah.

Saute pan ini sangat multifungsi. Superior dengan transfer panas nya yang merata, Saute Pan juga bisa digunakan untuk memasak nasi goreng, sayuran, ikan dengan bumbu berkuah, risotto dan lain-lainnya. Dilengkapi dengan tutup yang biasanya terbuat dari kaca, Saute Pan memudahkan penggunanya untuk melihat kematangan masakan. Macam macam panci saute pan tersedia dalam beberapa merek seperti KicthenAid, Oxone, dan lain – lain.

Nah, itu dia macam macam panci yang paling dasar bisa kamu pahami. Kamu bisa menentukan jenis dan ukuran panci apa yang kira-kira dibutuhkan di dapur kamu. Simak macam macam panci yang ada di halaman cookware Belanjadapur.com dan pilihlah peralatan masak yang kamu inginkan. Macam macam panci juga terbuat dari berbagai jenis bahan seperti alumunium, stainless steel dan lain – lain. Jadi, jenis panci apa yang akan kamu beli?

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply