You are currently viewing Pilihan Menu Sarapan Sehat Praktis dan Kaya Akan Nutrisi

Pilihan Menu Sarapan Sehat Praktis dan Kaya Akan Nutrisi

Sarapan yang sehat merupakan kebutuhan primer yang harus kamu penuhi setiap harinya. Tanpa sarapan, tubuh seakan seperti mobil yang dipaksa berjalan tanpa bahan bakar. Menu sarapan sehat bisa dikatakan sebagai menu makanan yang sangat penting dikonsumsi dalam satu hari. Dengan mengonsumsi sarapan yang sehat, pastinya kamu akan mendapatkan segudang manfaat. Salah satunya, sarapan yang sehat dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang artinya semakin tinggi laju metabolisme tubuh, semakin tinggi pula jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Sehingga, dalam tubuh tidak ada lagi penimbunan kalori dalam bentuk lemak dan tentu membantu penurunan berat badan untuk diri sendiri. Sebaliknya, ada pula peneliti yang menyebutkan bahwa bila kamu tidak terbiasa sarapan, kamu akan cenderung ingin selalu mengonsumsi makanan tinggi gula dan cemilan yang tinggi kalori. Hal itu berimbas pada berat badan yang kian meningkat. Ada yang sudah merasakan?

Selain itu, peneliti menyebutkan bahwa mengonsumsi menu sarapan sehat akan mengubah kadar glukosa menjadi energi. Sehingga, kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat dalam jalani hari, karena kebutuhan energi kamu sudah tercukupi. Sarapan yang sehat juga dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi pada otak, membuat lebih bahagia dan juga dapat mengurangi kadar stress. Kandungan pada menu sarapan sehat memberikan nutrisi dan vitamin bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, vitamin B, dan lain-lain. Faktanya, setiap tubuh membutuhkan kandungan tersebut untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satu Ahli Gizi juga menyarankan waktu yang tepat untuk mengonsumsi sarapan yaitu dua jam setelah bangun tidur dengan memenuhi kandungan kalori sejumlah 20-35% dari pedoman tunjangan makanan harian.

Melihat pentingnya dan seberapa besar manfaat yang akan kamu dapat apabila mengonsumsi sarapan yang sehat secara rutin, ini dia kutipan dari beberapa sumber untuk rekomendasi menu sarapan sehat yang pastinya mudah dibuat dan kaya akan nutrisi.

1. Telur

Dengan bahan dasar telur, kamu bisa berkreasi membuat menu sarapan sehat anti ribet setiap pagi nya. Misalnya membuat telur omelette yang di campurkan dengan bawang-bawangan serta ditambah sosis atau daging asap. Cukup masukkan semua bahan, kocok sampai tercampur lalu tambahkan sedikit garam dan lada. Kamu bisa gunakan minyak zaitun atau margarin kedalam panci dan masukkan telur yang sudah tercampur tersebut. Bubuhi dengan saus sambal ataupun tomat dan rasakan nikmatnya!

Selain itu, kamu juga bisa membuat telur rebus. Ini bisa jadi alternatif sarapan yang sehat sebagai pengganti nasi, karena bisa membuat kenyang dalam jangka waktu yang lama. Dikutip dari riset peneliti, kandungan pada telur rebus yang baik dapat meningkatkan kinerja otak, menjaga kekuatan otot, tulang dan gigi, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit jantung, melancarkan peredaran darah, cegah anemia, menurunkan resiko kanker, menambah energi, menurunkan berat badan, menutrisi kulit, menjaga kesehatan rambut dan kuku.

Faktanya, telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh kita dan tentunya bisa menjadi sumber energi tiap harinya. Dari telur, kamu bisa merasakan ragam manfaat untuk setiap bagian tubuh. Tapi, kamu juga perlu membatasi jumlah telur yang kamu makan setiap harinya, karena jika terlalu banyak justru akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya memang apapun yang berlebihan akan menimbulkan efek lain yang tidak baik.

2. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi salah satu menu sarapan sehat dan praktis yang bisa kamu pilih untuk sehari-hari. Oat memiliki kandungan lebih dari 50 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oat teruji kaya akan serat, vitamin, mineral hingga antioksidan yang bisa melindungi kamu dari resiko penyakit. Banyaknya manfaat apabila mengkonsumsi oat yaitu bisa untuk menjaga berat badan, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, menstabilkan gula darah dan melancarkan pencernaan. Karbohidrat yang ada di dalam oat juga sebagian besar berasal dari tepung halus atau pati. Sehingga, oatmeal bisa membuat kamu kenyang dan cukup untuk dijadikan sarapan yang sehat.

Kamu juga bisa menkombinasikan oatmeal dengan susu rendah lemak dan aneka buah-buahan. Hanya persiapkan oatmeal dan seduh menggunakan susu. Lalu aduk hingga merata jika sudah tercampur masukkan potongan buah seperti pisang, blueberry, apel, strawberry dan lainnya diatas oatmeal tersebut. Bila kamu ingin terasa lebih manis, kamu bisa tambahkan gula merah atau madu agar lebih terasa. Menyantap oatmeal di pagi hari mampu memberikan semangat penuh untuk jalani aktivitas pagi lho!

3. Sandwich

Ini dia salah satu menu sarapan sehat yang menjadi andalan ibu rumah tangga pada umumnya. Hanya bermodal menumpuk setangkup roti dilapisi daging asap, keju, telur, selada, tomat, dan saus, kamu bisa menambah energi dengan makan sarapan yang sehat. Tapi, perlu kamu perhatikan pula bahan yang digunakan karena bila gunakan bahan yang asal, malah bisa jadi justru memberi efek kurang baik pada tubuh.

Oleh karena itu, BelanjaDapur menyarankan untuk gunakan roti gandum yang kaya akan serat. Apalagi, untuk kamu yang sedang menjalani diet, roti gandum bisa menjadi alternatif makanan pengganti nasi. Lalu, gunakan protein yang tepat misalnya dengan panggang daging asap menggunakan minyak zaitun, atau gunakan ikan yang kaya akan DHA dan omega 3. Ataupun juga bisa gunakan telur dan daging yang dipanggang bersamaan. Jangan lupa untuk tambahkan sayuran dan olesan saus yang sehat agar sandwich tidak terasa kering, misalnya dengan memberikan olesan saus tomat, cream cheese atau alpukat ke dalam sandwich.

4. Smoothie buah

Ada yang sudah pernah mencoba menu sarapan sehat ini? Smoothies bisa menjadi pilihan tepat untuk sarapan yang sehat karena bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan dan untuk mendetoksifikasi tubuh. Smoothies mampu membersihkan darah dan organ tubuh dari dalam sehingga tubuh menyerap kandungan banyak nutrisi dan bisa menghasilkan energi yang cukup. Kamu bisa mencampurkan beberapa macam buah seperti strawberry, blueberry, jeruk, pisang, yogurt dan madu. Kamu juga bisa kreasikan dengan bahan lainnya yang memiliki kandungan vitamin berlebih.

5. Onigiri

Menu sarapan sehat satu ini asalnya dari Jepang terbuat dari nasi kepal dibaluti rumput laut yang  diisi topping tertentu dan tersedia dalam berbagai jenis lho! Bila kamu mau sedikit repot, kamu bisa membuat onigiri dengan isi ikan tuna yang mengandung protein dan lemak hewani. Onigiri bisa jadi solusi untuk kamu yang tidak bisa meninggalkan nasi saat sarapan. Meskipun menu sarapan  sehat satu ini memiliki bentuk yang kecil, tapi dijamin bisa bikin kenyang untuk di pagi hari. Selain itu, lebih praktis karena tidak repot membutuhkan wadah makan saat menyantap onigiri. Namun, tetap disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran tambahan agar kebutuhan gizi kamu tetap terpenuhi.

Ini dia beberapa rekomendasi untuk kamu membuat berbagai menu sarapan sehat. Apabila kamu tidak terbiasa dengan sarapan, kamu bisa mencoba perlahan dengan cara mengurangi porsi makan di malam hari, berinovasi ciptakan resep sarapan yang sehat se kreatif mungkin, dan perlahan coba mengonsumsi teh terlebih dahulu untuk memunculkan minat sarapan. Dari beberapa pilihan menu sarapan sehat di atas, kira-kira menu apa nih yang kamu suka? Untuk membuat sarapan sehat, yuk kunjungi www.belanjadapur.com atau tokopedia Belanja Dapur Official ataupun shopee Belanjadapur.official dan dapatkan kebutuhan memasak kamu hanya disini!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply