You are currently viewing Manfaat Jeruk Peras Berlimpah, Seberapa Rutin Kamu Konsumsi?

Manfaat Jeruk Peras Berlimpah, Seberapa Rutin Kamu Konsumsi?

Di masa pandemi saat ini, menjaga daya tahan tubuh tetap stabil menjadi hal yang penting agar selalu sehat dan tidak mudah terinfeksi. Disamping perlu berolahraga dengan rutin, asupan yang dikonsumsi sehari-hari juga harus diperhatikan sebagai penunjang imunitas kita. Nah, salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi yaitu vitamin C yang mampu berfungsi sebagai anti oksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ini saatnya kamu bisa memulai dengan mengonsumsi rutin jeruk peras baik itu jeruk manis, jeruk nipis, jeruk lemon ataupun jeruk lainnya. Menurut penelitian, manfaat jeruk peras begitu berlimpah dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Minuman jeruk peras selain mudah didapatkan, mudah pula dibuatnya. Perlu kamu ketahui, minuman jeruk peras segar yang asli tanpa campuran air dan gula lebih baik daripada yang sudah tercampur oleh bahan tambahan.

Apalagi ditengah menjalani hari yang panas, rasa jeruk murni yang manis menyegarkan bisa sempurnakan hari kamu. Sebetulnya, saat ini tersedia begitu banyak macam jeruk peras yang bisa kamu beli baik minuman kemasan ataupun di pedagang kaki lima. Namun, kamu harus selektif dalam memilih minuman yang akan kamu konsumsi. Sebab, terkadang minuman yang dijual dipinggir jalan atau minuman kemasan yang tertulis “mengandung 100% jeruk murni” tidak benar-benar sesuai isi produknya. Seringkali jeruk peras kemasan telah dicampur perasa tambahan agar rasa minuman jeruk tetap konsisten. Selain itu, ada pula yang mencampur dengan gula maupun bahan pengawet. Maka dari itu, cara yang paling aman dengan membuat minuman jeruk peras sendiri di rumah. Untuk membuatnya, kamu bisa pakai alat pemeras jeruk dari Oxone yang bisa kalian beli disini.

Manfaat Jeruk Peras yang Akan Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Rutin

1. Minuman jeruk peras memiliki banyak kandungan nutrisi

Jeruk peras memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, potassium, folat, thiamin, tembaga, magnesium, mineral, dan enzim lainnya. Dengan kandungan tersebut, manfaat jeruk peras telah terbukti klinis mampu menjaga imunitas serta meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa juga mendukung detoksifikasi tubuh kamu. Sehingga, tubuh secara berkala dapat mengurai lemak jahat dan racun yang terdapat di dalamnya.

2. Mencegah Inflamasi

Manfaat jeruk peras satu ini memiliki sifat anti-inflamasi yang ampuh. Inflamasi atau yang dikenal dengan peradangan bisa dikatakan sebagai mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing seperti jamur, bakteri ataupun virus. Perasan air jeruk mampu mencegah inflamasi apabila dikonsumsi secara rutin. Kamu juga bisa campurkan jeruk peras dengan madu sebagai pengganti gula.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang ampuh bisa dengan perasan jeruk nipis dengan campuran air hangat tanpa gula. Kandungan antioksidan dalam perasan jeruk nipis mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan kolesterol lho!

4. Memperlancar aliran darah dalam tubuh

Manfaat jeruk peras juga mampu membersihkan liver dan memurnikan darah. Kandungan pada jeruk nipis juga memberikan sifat alkali atau basa dalam tubuh. Apabila kamu mengonsumsi di pagi hari, campuran jeruk nipis dan air hangat juga mampu membuat tubuh menjadi lebih segar sampai siang hari. Kamu akan merasa lebih bersemangat jalani aktivitas harian.

5. Mencegah penyakit batu ginjal

Batu ginjal terbentuk saat urine lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibanding cairan dalam urine. Batu ginjal dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel. Meski bisa dihancurkan melalui operasi, batu ginjal memiliki kecenderungan untuk muncul kembali. Salah satu hal yang bisa dilakukan menjaga pola makanan dan pola hidup yang sehat. Telah dilakukan penelitian bahwa manfaat jeruk peras berhasiat untuk mencegah penyakit batu ginjal. Perasan jeruk murni tanpa campuran bahan tambahan memiliki kadar sitrat yang tinggi. Kandungan sitrat inilah yang mampu menghalangi pembentukan batu ginjal dan mengurangi kadar keasaman di urine. Dikutip dari pernyataan ClaritaOdvina, salah satu professor pembantu kedokteran penyakit dalam di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa perasan jeruk murni mampu berperan penting untuk pengobatan batu ginjal dan menjadi alternatif yang baik untuk pasien yang tidak tahan dengan potassium sitrat.

Kamu juga tak perlu khawatir, banyak mengonsumsi minuman jeruk peras tak akan menaikkan berat badan kamu apabila diminum tanpa campuran perasa, gula, dan lainnya. Jeruk peras juga bisa dimanfaatkan untuk diet lho!

Manfaat Jeruk Peras untuk Diet

Selain hal yang disebutkan sebelumnya, jeruk peras juga mampu menurunkan berat badan. Dengan jeruk nipis kamu juga bisa lho melakukan diet. Telah ada sebuah studi mengenai manfaat jeruk peras untuk diet yang menunjukkan bahwa jeruk nipis memiliki peranan penting karena kandungan vitamin C yang mampu membakar lemak ketika sedang berolahraga serta dapat mendongkrak imun tubuh.

Manfaat jeruk peras untuk diet yang bisa kamu rasakan pula ketika kamu mengalami masalah pencernaan. Jeruk nipis dipercaya untuk mengurai makanan karena kandungan senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan produksi enzim yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan menimbun banyak sisa makanan dan sisa racun. Oleh karena itu, manfaat jeruk peras untuk diet akan bekerja maksimal karena zat sisa makanan dan racun yang telah dibuang tidak akan menumpuk dan melebar dalam perut. Hal ini cukup efektif untuk menjaga tubuh tetap stabil dan ramping.

Selain itu, manfaat jeruk peras untuk diet bisa juga untuk memaksimalkan pembakaran lemak di tubuh. Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa zat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membakar lemak hingga 30%. Manfaat jeruk peras untuk diet tersebut memiliki kandungan yang dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh. Kamu juga dapat merasakan manfaat jeruk peras untuk diet dengan kandungan serat larut air dan serat tak larut pada jeruk nipis. Kandungan tersebut membuat kamu tetap merasa kenyang dalam waktu lebih lama tanpa kalori berlebih. Nah, supaya lebih maksimal, yuk ikuti cara dibawah ini agar kamu merasakan manfaat jeruk peras untuk diet dengan maksimal.

Langkah yang Perlu Kamu Lakukan untuk Maksimalkan Manfaat Jeruk Peras untuk Diet

  1. Usahakan minum air jeruk nipis setiap pagi secara rutin.
  2. Perbanyak minum air mineral.
  3. Batasi mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula.
  4. Batasi mengonsumsi makanan yang terlalu manis.
  5. Perbanyak mangonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti sayur, buah, dan berbagai lauk.
  6. Rajin berolahraga setiap hari.
  7. Minimalisir makanan yang mengandung tepung, makanan cepat saji, ataupun makanan kemasan.

Bagaimanapun manfaat jeruk peras untuk diet atau untuk kesehatan dapat terealisasi apabila kamu mengimbangi dengan pola hidup dan makanan yang sehat sehari-hari. Apabila mengonsumsi jeruk peras tetapi tanpa berolahraga, tetap mengonsumsi makanan yang tidak sehat, minuman bersoda atau alkohol, maupun membiarkan diri stress berlarut, manfaat jeruk peras tak akan bekerja dengan maksimal pada tubuh. Oleh karena itu, kuatkan niat dan usaha untuk sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Rasakan manfaat mengonsumsi jeruk peras yang luar biasa. Selamat mencoba!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply