You are currently viewing Resep Salmon Mentai: Ide Jualan di Kala Pandemi

Resep Salmon Mentai: Ide Jualan di Kala Pandemi

Di masa saat ini, usaha online dirasa cukup menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Beriringan dengan perubahan gaya berbelanja yang menjadi serba daring, membuat sebagian produk yang dijual di toko fisik beralih ke penjualan online. Setiap orang mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan sampingan demi bisa bertahan melalui usaha online salah satunya di bidang kuliner. Pandemi bukan menjadi hambatan yang berarti, justru banyak yang berlomba-lomba untuk mempromosikan dagangannya di berbagai platform sosial media. Salah satu makanan yang menjadi tren untuk dijual dimasa pandemi yaitu salmon mentai. Disamping karena cara membuatnya cukup sederhana, bahan makanannya juga mudah didapatkan. Resep salmon mentai juga mudah kalian dapatkan.

Mentai atau mentaiko itu sendiri merupakan makanan khas dari Jepang yang terbuat dari telur ikan tarako yang dimarinasi dengan berbagai bumbu untuk menciptakan sensasi rasa yang berbeda. Bentuk telur ikannya mirip dengan tobiko alias telur ikan terbang dan ukurannya lebih kecil yang bisada diolah menjadi berbagai makanan salah satunya saus mentai. Seiring berjalannya waktu, inovasi cara membuat saus mentai semakin beragam seperti yang dicontohkan oleh Chef William Gozali, pemenang Masterchef season ke 3 dalam youtubenya yang berjudul “Cocok untuk Dijual! Resep Salmon Mentai”. Cara membuat saus mentai mudah dibuat di rumah. Simak resep salmon mentai ala Willgoz yang bisa kamu ikuti:

Bahan Resep Salmon Mentai:

120 gram Salmon

1 sendok makan soyu kikoman

½ sendok makan mirin atau gula secukupnya

½ sendok makan minyak wijen

70 gram edamame

Piping bag

2 sendok makan kewpie mayo

1 sendok makan saus tomat

1 sendok makan saus cabai

1 sendok makan tobiko

1 sendok makan tepung beras

Garam secukupnya

Black pepper secukupnya

4 sendok makan minyak goreng

Nasi putih

nori

Cara Membuat Saus Mentai:

Masukkan mayo, saus tomat, saus cabai dan tobiko kedalam piping bag. Aduk hingga merata dengan sempurna untuk saus mentai.

Cara Membuat Olahan Resep Salmon Mentai:

  1. Pisahkan bagian daging ikan salmon dengan kulitnya. Lalu potong daging ikan salmon berbentuk kotak – kotak
  2. Campurkan potongan ikan dengan kikoman, mirin dan minyak wijen. Aduk – aduk hingga merata. Marinasi selama 15-20 menit di dalam kulkas.
  3. Rebus edamame hingga matang dan tiriskan. Lalu kupas edamame untuk campuran kedalam salmon.
  4. Campurkan tepung beras, garam dan black pepper. Lalu baluri ke kulit salmon dengan tipis.
  5. Panaskan minyak di penggorengan dengan api sedang. Lalu masukkan bagian kulit ikan ke penggorengan.
  6. Gunakan blow torch pada ikan salmon yang sudah dimarinasi sesuai selera.
  7. Siapkan nasi diatas piring. Masukkan salmon yang sudah di blow torch dan baluri campuran saus mentai diatasnya. Blow torch kembali hingga saus mentai meresap kedalam salmon. Kemudian beri edamame, nori, tobiko dan potongan kulit ikan salmon yang sudah digoreng sebagai pelengkap.

Meskipun cara membuat saus mentai ala Willgoz tidak menggunakan telur ikan tarako, namun tetap bisa dihidangkan dan pastinya menggugah selera. Ada istilah orang Indonesia itu tidak bisa makan tanpa nasi, maka dari itu resep salmon mentai ala Willgoz sangat cocok untuk di coba! Nah sebaliknya, untuk kamu yang tak suka nasi atau sedang menjalani diet keto, nasi bisa diganti dengan shirataki. Mie yang terkenal dengan rendah karbohidrat dan kalori ini bisa dikombinasikan dengan saus mentai. Rasanya tentu sama – sama enak dan memiliki kesan yang berbeda. Salah satu resep salmon mentai dengan shirataki yang bisa kamu ikuti ada di channel youtube Cooknolia dengan judul “Shirataki Salmon Mentai.!”. Yuk simak resep salmon dan cara membuat saus mentai dibawah ini!

Bahan Resep Salmon Mentai:

1 bungkus shirataki

1 sendok makan nori bubuk

1 sendok makan japanesse soy sauce (yang untuk salad dressing)

130 gr ikan salmon

2 sendok makan kecap asin kikoman

Bahan Saus Mentai:

4 sendok makan mayonnaise

1 sendok makan tobiko

1 sendok makan saus sambal

1 sendok teh minyak wijen

1 bungkus jamur enoki

Crab stick secukupnya

Cara Membuat Saus Mentai:

Masukkan mayonnaise, saus sambal, tobiko, dan minyak wijen lalu aduk hingga tercampur merata.

Cara Membuat Olahan Resep Salmon Mentai:

  1. Iris tipis crab stick sesuai selera.
  2. Rebus jamur enoki selama 1 menit.
  3. Rebus shirataki selama 2 menit dan dinginkan.
  4. Campurkan Japanese soy sauce kedalam shirataki dan aduk merata.
  5. Potong salmon sesuai selera dan dibaluri dengan kecap asin kikoman.
  6. Matangkan salmon dengan alat blow torch.
  7. Masukkan shirataki yang sudah dicampur dengan soy sauce didalam wadah alumunium foil dan taburi nori powder.
  8. Masukkan crab stick yang sudah diiris, jamur enoki yang sudah direbus, potongan salmon yang sudah di blow torch.
  9. Baluri seluruh permukaan dengan saus mentai dan gunakan blow torch salmon mentai hingga berubah warna kuning keemasan.

Sudah terbayang belum rasa umami dari campuran saus mentai dan daging salmon yang gurih akan lumer di mulut? Hmmm pastinya lezat dan gak bakal bikin kecewa! Pemilihan salmon bukanlah semata – mata hanya untuk sebagai topping, tetapi campuran antara salmon dan saus mentai adalah kombinasi yang sempurna! Salmon sendiri kaya akan nutrisi dan termasuk salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi. Lalu, pemilihan nasi atau shirataki kembali lagi tergantung selera masing-masing. Apabila kamu penggiat diet, shirataki menjadi pilihan yang bijak begitupun sebaliknya. Cukup jelas kedua resep salmon mentai tersebut untuk diikuti di rumah. Daripada beli di restaurant yang harganya mahal, kenapa tidak bikin sendiri? Apalagi cara membuat saus mentai pada dasarnya sangat mudah. Dari kedua resep, cara membuat saus mentai sama – sama hanya mencampurkan bahan yang sudah ada tanpa harus diproses khusus. Jadi, sudah seberapa besar tekad untuk jualan salmon mentai?

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply