You are currently viewing Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet di Kulkas

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet di Kulkas

Di kondisi saat ini, rasa was was selalu muncul kalau setiap hari harus belanja ke pasar atau supermarket untuk beli bahan makanan. Disisi lain, mengonsumsi asupan yang baik seperti sayuran jadi kewajiban supaya kesehatan tetap terjaga. Sementara, sayuran cepat layu bahkan membusuk bila tidak segera diolah. Sebagai solusinya, kalian perlu ikuti tips cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas dan di suhu ruang. Jadi, kalian bisa lebih meminimalisir untuk belanja keluar rumah. Yuk simak cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas dan suhu ruang berikut ini.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet di Kulkas

1. Simpan sayur pada tempat khusus

Tidak semua kulkas memiliki rak khusus untuk menyimpan sayur atau pun buah. Sangat beruntung bagi kalian yang sudah memilikinya karena penyimpanan sayur atau buah tidak boleh dicampur dengan bahan makanan lainnya. Hal itu disebabkan sayur atau buah akan mengeluarkan gas ethyelene, dimana gas alami ini muncul ketika sayur mulai matang dan akan terus terproduksi untuk mendorong pematangan lebih lanjut. Dengan pemisahan penyimpanan, ini akan meminimalisir efek yang mengganggu dari gas ethylene yang dikeluarkan oleh sayur ke makanan lain. Karena, sayur yang terlalu lama matang akan mudah rusak hingga membusuk. Ini merupakan salah satu cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas yang efektif dan kemungkinan bisa bertahan selama 3 hingga 5 hari.  

2. Bungkus sayur dengan plastik khusus ataupun kertas

Masukkan sayur terlebih dahulu ke dalam plastik yang sudah dilubangi sebelum masuk kedalam kulkas. Fungsi plastik yang dilubangi akan membantu menjaga sirkulasi udara pada sayuran dan mencegah pembusukan dini. Selain itu, kalian juga bisa membungkusnya dengan kertas. Hal ini menjadi penting karena sayur mengandung banyak air yang harus dijaga kelembabannya. Pastikan sayuran tidak dalam keadaan basah saat dibungkus agar tidak rusak. Salah satu cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas ini akan membantu mempertahankan rasa maupun kesegaran sayur.

3. Gunakan wadah untuk penyimpanan

Bila ingin mengurangi penggunaan plastic ataupun kertas, kalian juga bisa gunakan wadah kering untuk menyimpan cabai, wortel, dan lain-lain. Cukup letakkan tisu atau lap kering sebagai alasnya untuk menyerap kandungan air. Cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas satu ini perlu perhatian khusus, karena alas tisu ataupun lap mudah menguning akibat kandungan air. Ganti alas secepatnya agar tetap kering dan terjaga dari bakteri. Kalian bisa beli tempat simpan sayuran di wadah Bros dengan cara klik link disini.

4. Menjaga suhu kulkas dan pastikan kebersihannya

Cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas yaitu mengatur suhu kulkas yang ideal di angka 1 hingga 4 derajat celcius agar keawetan dari setiap sayuran tetap terjaga. Selain itu, menjaga kebersihan kulkas juga penting karena kulkas yang kotor ataupun bau dapat mengkontaminasi kualitas dan kesegaran dari sayuran. Pastikan kondisi sayuran baik sebelum disimpan. Buang bagian yang sudah menguning ataupun kecokelatan untuk mempertahankan kualitasnya.  

Jenis sayuran yang harus disimpan didalam kulkas seperti brokoli, kol, bayam, wortel, seledri, jamur, jagung, daun bawang, kecambah, buncis, sawi, lobak, asparagus, dan masih banyak lagi. Selain itu, ini dia

Cara menyimpan sayuran di suhu ruang

Hanya beberapa jenis sayuran yang perlu disimpan di suhu ruang seperti jahe, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, kentang, bengkuang, dan lain – lain. Jika dipaksa disimpan di kulkas, maka justru bisa mencegah kematangan dan bisa berimbas pada kerusakan. Pastikan tempat penyimpanan memiliki sirkulasi udara yang baik dan hindari dari panas matahari secara langsung.

Kenapa Menyimpan Sayuran dengan Cara yang Tepat Menjadi Penting?

Menyimpan sayuran bukan semata-mata hanya diletakkan di kulkas ataupu suhu ruang dan ditinggal dalam sekian hari lalu berharap sayuran tetap aman. Namun, penyimpanan sayuran yang tidak tepat justru akan menyebabkan berkurangnya rasa hingga nutrisi dari masing-masing sayur itu sendiri. Maka dari itu cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas dan suhu ruang perlu di ikuti agar sayur bisa bertahan segar lebih lama, mencegah pembusukan dini, mencegah kerusakan sayur dan tentunya mendapatkan manfaat yang maksimal.  

Jangan lupa selalu perhatikan sayuran secara berkala dalam mengikuti cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas maupun suhu ruangan. Periksa secara berkala, apabila mulai menguning, muncul bercak kecokelatan atau ada bagian yang rusak baiknya segera di hilangkan dan diolah ataupun dikonsumsi.

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply