You are currently viewing Cara Tepat Capai Tubuh Ideal, Rasakan Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Cara Tepat Capai Tubuh Ideal, Rasakan Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Badan langsing dan sehat sering menjadi dambaan banyak perempuan di Indonesia. Untuk bisa mencapainya, gak cuma harus rajin berolahraga, tapi juga perlu mengonsumsi asupan yang seimbang dan mengikuti program diet dengan benar. Salah satu untuk mendukung hal tersebut yaitu dengan rajin konsumsi teh hijau. Manfaat teh hijau tak diragukan lagi karena dikenal sebagai minuman yang punya beragam khasiat, seperti dapat mempercepat proses pembakaran lemak tubuh, meningkatkan metabolisme, mengatur gula darah dan lainnya. Kandungannya tinggi akan zat antioksidan seperti asam amino, enzim dan polifenol, serta vitamin B, folat dan zat baik lainnya untuk tubuh. Tentunya manfaat teh hijau telah terbukti bisa membantu menurunkan berat badan hingga menyehatkan badan.

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Teh hijau secara medis memiliki kandungan zat katekin (terutama senyawa EGCG) yang membuktikan dapat mengobati sindrom metabolik seperti kegemukan dan diabetes militus. Menurut penelitian, zat katekin pada teh hijau juga memungkinkan norepinefrin bekerja lebih lama di otak sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang pada tubuh. Sistem kerja zat tersebut mampu menurunkan nafsu makan kita karena akan merasa lebih kenyang saat makan berlebih, sehingga hasrat untuk makan banyak akan hilang termasuk kalori yang akan semakin berkurang.

Kemudian, manfaat teh hijau juga bisa dirasakan untuk memengaruhi metabolisme lemak dan karbohidrat. Sel lemak akan terpecah untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah, sehingga teh hijau mampu mencegah penumpukan lemak di tubuh kita. Saat berolahraga, teh hijau juga akan membantu meningkatkan jumlah lemak yang dibakar sebesar 17% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau. Tidak hanya itu, peran teh hijau juga mampu membakar jenis lemak abdominal yang bersarang dibawah kulit. Jenis lemak ini berbahaya karena berkaitan dengan peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Maka dari itu, penelitian mengungkapkan manfaat teh hijau diyakini mampu menurukan berat badan secara signifikan dengan cara yang sudah disebutkan sebelumnya.  

Tips Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Minum teh hijau untuk diet juga memiliki cara khusus dan tidak boleh asal. Bukan berarti semakin banyak minum teh hijau untuk diet, maka penurunan berat badan semakin cepat. Simak cara efektif minum teh hijau untuk diet dibawah ini:

1. Minum 2-3 kali teh hijau setiap hari

Teh hijau umumnya aman untuk konsumsi setiap hari, namun disarankan tidak berlebihan karena terdapat kandungan kafein didalamnya. Semakin tinggi dosis kafein yang dikonsumsi maka bisa membawa pengaruh buruk ke tubuh. Teh hijau untuk diet dengan porsi 2-3 cangkir sehari cukup ideal namun tetap tidak bisa dijadikan patokan karena bergantung pada seberapa banyak kafein yang dikonsumsi setiap harinya dan proses metabolisme alami setiap orang. Waktu yang baik bisa saat pagi atau siang hari agar tubuh dan pikiran terasa lebih segar. Selain itu, konsumsi di sore hari setelah bekerja juga baik agar tetap semangat dan tidak loyo. Teh hijau untuk diet sebaiknya tidak diminum sebelum tidur, karena kandungan kafein dapat membuat tubuh sulit tidur dan tentunya untuk menghindari insomnia.

2. Memilih produk teh hijau yang berkualitas terbaik

Untuk merasakan manfaat teh hijau, pilih teh yang berkualitas dengan cara melihat kandungan pada kemasan teh. Pastikan teh mengandung bahan – bahan alami. Sekarang banyak sekali pilihan teh hijau di semua platform BelanjaDapur dari salah satu produsen teh terbaik di tanah air, Kepala Djenggot. Kalian bisa dapatkan teh hijau premium, teh melati hijau, dan sebagainya di semua platform kami. Beli sekarang karena harga sangat terjangkau dan kualitas terjamin, semakin menarik karena ada promo bebas ongkir di platform seperti Tokopedia Belanja Dapur Official dan shopee Belanjadapur.official!

3. Hindari penggunaan tambahan gula pada teh hijau

Kandungan kafein dan senyam EGCG memang memberikan rasa pahit pada teh. Namun, manfaat teh hijau akan terasa lebih maksimal dirasa bila tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya. Keunggulan teh hijau tanpa gula yaitu tidak mengandung kalori didalamnya, sehingga hal ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Satu sendok teh hijau dengan gula akan menambah 16 kalori. Jumlah tersebut akan bisa terus bertambah bila penggunaan gula lebih dari 1 sendok. Cara terbaik memang hindari penggunaan gula dalam konsumsi teh hijau untuk diet.

4. Konsumsi teh hijau sebelum olahraga

Sebelumnya, sudah disinggung mengenai pembakaran lemak setelah mengonsumsi teh hijau sebelum mulai olahraga akan lebih tinggi presentasenya dibandingkan tidak minum teh hijau. Hal ini terjadi karena kandungan kafein pada teh hijau akan meningkatkan metabolisme tubuh dan kemampuan untuk membakar lemak juga lebih banyak. Kandungan tersebut akan membuat kita lebih energik, sehingga akan berdampak pada peningkatan aktivitas yang diakhiri pula meningkatnya pembakaran jumlah kalori. Manfaat teh hijau akan bisa dirasakan lebih maksimal bila mengikuti panduan tersebut.

5. Meminum teh hijau sebelum makan

Kandungan teh hijau mampu memengaruhi tubuh agar cepat kenyang. Bila tidak memiliki asam lambung, kalian bisa mengonsumsi teh hijau terlebih dahulu tepat 30 menit sebelum makan. Jadi, efek kenyang akan terasa dan berdampak pada pengurangan porsi makan. Maka dari itu, kalian bisa membuktikan seberapa efektif kinerja teh hijau untuk diet atau menurunkan berat badan.

Perlu diingat, jangan terlalu mengandalkan teh hijau untuk diet. Meskipun manfaat teh hijau telah terbukti diberbagai penelitian mampu menurunkan berat badan dengan efektif, namun tetap jangan abaikan hal dibawah ini:

  1. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.
  2. Rutin berolahraga untuk membantu proses pembakaran lemak lebih maksimal.
  3. Kurangi tingkat stress agar tubuh tetap fit.
  4. Hindari tidur larut atau begadang karena kekurangan waktu tidur akan mengacaukan proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak didalam tubuh tidak optimal.

Manfaat teh hijau yang banyak bukan semata-mata menjadi jalan pintas untuk diet. Perlu ada kesadaran diri dan proses yang tidak instan agar terhindar dari obesitas dan penurunan berat badan bisa lebih maksimal. Selamat mencoba!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply