You are currently viewing Cara Menghilangkan Karat pada Alat Masak

Cara Menghilangkan Karat pada Alat Masak

Dapur estetik biasanya dipenuhi peratalan masak berbahan logam seperti stainless steel, alumunium, titanium, dan lain – lain. Tetapi bila tidak dijaga dengan baik, dapur estetik bisa terlihat buruk karena karat yang mulai muncul di setiap permukaan peralatan masak. Dari mulai panci, pisau, spatula, cetakan kue, hingga alat pengupas, semua rentan berkarat bila tidak dirawat. Karat pada peralatan masak muncul disebabkan oleh banyak faktor seperti kelembaban udara tempat penyimpanan, pencucian yang tidak bersih, serta material logam yang tidak berkualitas. Karat sungguh berbahaya jika didiamkan karena bisa berakibat mengkontaminasi makanan yang dimasak sehingga menjadi tidak aman untuk kesehatan, penampilan peralatan masak menjadi tidak elok bahkan bisa merusak bila kandungan karat sudah berlebihan. Area karat rawan diendapi kuman dan bakteri. Oleh karena itu, kita semua perlu mencegah karat muncul pada alat masak dan mengikuti cara menghilangkan karat pada alat masak yang sudah terlanjur berkarat.

Tips Mencegah Karat pada Alat Masak

  1. Usahakan membeli produk peralatan masak dengan kualitas material terbaik agar tidak mudah berkarat.
  2. Cuci bersih peralatan masak setelah digunakan. Pastikan tidak ada lagi sisa makanan lengket yang menempel karena kotoran bisa memicu karat.
  3. Hindari masakan gosong, karena hal itu bisa menimbulkan kerak dan berakhir pada munculnya karat.
  4. Simpan peralatan masak di tempat yang kering. Hindari suhu udara lembab karena bisa memicu karat.
  5. Pastikan gunakan spons lembut saat mencuci, agar lapisan pelindung karat tidak mengelupas. Sehingga, peralatan masak tetap terjaga dengan baik.
  6. Pada peralatan masak tertentu seperti yang terbuat dari material cast iron, perlu lapisi minyak setelah dicuci bersih dan dikeringkan. Agar tetap menjaga permukaan cast-iron tetap awet jangka panjang dan menghindari karat.

Meskipun peralatan masak jarang dipakai, kamu juga perlu rutin membersihkannya untuk mencegah munculnya karat. Bila sudah merasa menjaga dan merawat dengan baik, tapi peralatan masak tetap berkarat sangat mungkin terjadi karena material logam yang tidak berkualitas. Lantas, bagaimana cara menghilangkan karat pada peralatan masak?

Cara menghilangkan karat yang mudah dan praktis

1. Rendam dengan cuka sari apel

Cara menghilangkan karat yang pertama yaitu merendam peralatan masak dengan cuka sari apel. Berkat kandungan asam yang sangat tinggi, mampu mengangkat partikel kuman dan bakteri, sehingga bisa membersihkan karat dengan sempurna. Butuh waktu 1 malam agar cuka sari apel terserap sempurna hingga mengangkat kotoran. Kemudian, cukup bantu menggosok dengan serabut kawat yang lunak untuk membantu membersihkan karat hingga ke titik terkecil dan cuci dengan sabun sampai bersih. Cara menghilangkan karat satu ini cukup efektif dan mudah dilakukan karena tidak membutuhkan paralatan khusus.

2. Rendam dengan air perasan lemon atau jeruk nipis

Jika kamu tidak memiliki cuka sari apel, cara menghilangkan karat lainnya bisa dengan merendam peralatan masak menggunakan air perasan lemon atau jeruk nipis. Selain efektif untuk membersihkan noda di pakaian, ternyata cara ini juga sudah banyak yang mencoba untuk membersihkan karat secara efektif. Cara menghilangkan karat cukup mudah hanya mulai dengan taburi garam di wilayah yang berkarat, lalu berikan perasan air lemon atau jeruk nipis. Rendam hingga kawat memudar dan bantu dengan menggosok permukaan berkarat dengan serabut kawat yang lunak agar permukaan semakin mengkilat. Membersihkan karat dengan cara ini bisa kamu coba kapanpun dan dimanapun.

3. Gosok dengan pasta baking soda

Kalau biasanya baking soda identik dengan bahan pembuat kue, justru bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan karat. Cara menghilangkan karat cukup mudah, cukup campurkan baking soda dengan air secukupnya. Lalu, oleskan cairan baking soda diatas peralatan masak yang berkarat. Kemudian, gosok dengan serabut kawat yang lunak hingga karat benar-benar hilang. Cara ini cocok untuk ibu-ibu yang sering masak kue di rumah. Tak jarang kita akan temui cetakan kue atau tray berbahan stainless steel berkarat akibat sisa makanan yang menempel. Hanya gunakan baking soda yang pastinya sudah dimiliki di rumah dan ikuti cara menghilangkan karat tersebut. Meskipun hasilnya tidak akan mulus seperti semula, tapi setidaknya peralatan masak sudah bersih dari karat dan layak untuk digunakan kembali.

4. Gunakan kentang

Kentang memiliki kandungan asam oksalat yang dapat membantu membersihkan karat, sehingga peralatan masak bisa bersih kembali. Cara menghilangkan karat cukup dengan iris kentang menjadi dua bagian, lalu lapisi bagian dalam kentang dengan baking soda secukupnya. Gosok kentang tersebut ke bagian permukaan karat peralatan masak hingga karat luntur. Supaya lebih maksimal, kamu bisa gunakan serabut kawat yang lunak untuk membersihkan karat yang masih bersisa. Cuci bersih dengan sabun dan peralatan masak kamu dijamin kinclong seperti semula.

5. Rendam dengan minuman cola

Tidak hanya cocok untuk menyegarkan tenggorokan, minuman cola juga ampuh untuk membersihkan karat. Cukup rendam peralatan masak yang berkarat dengan minuman cola dan tunggu hingga karat memudar. Waktunya tergantung dari seberapa lama minuman cola mampu membersihkan karat. Bisa dimulai dari setengah jam, apabila karat belum terangkat maksimal, kamu bisa rendam lebih lama.

Itu dia cara menghilangkan karat yang praktis dilakukan di rumah. Semua bahannya sangat mudah didapatkan disekitar kita. Jangan abai dengan karat, karena sekecil apapun akan berdampak ke diri kita sendiri. Lebih baik mencegah daripada harus membersihkan karat, karena bagaimanapun peralatan masak yang bersih akan lebih baik untuk kita. Semoga tips membersihkan karat bisa dipraktikan dan bermanfaat untuk kita semua.

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply