You are currently viewing Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Apakah kamu diantara orang yang memasak daging setiap minggu? Atau bahkan setiap hari? Terkadang memasak daging rasanya bisa membuat sakit kepala hingga frustasi, karena seringkali dapat bagian daging yang keras. Berujung daging tidak bisa dimakan sebab terlalu alot. Belum lagi bingung menentukan menu apa yang akan dimasak setiap harinya. Perlu kamu ketahui bahwa usia hewan memengaruhi tingkat keempukan daging. Misalnya untuk seekor sapi, semakin tua usianya, maka semakin keras pula dagingnya. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih sapi yang usianya muda sebelum membeli agar mengurangi beban masak nantinya. Biasanya, daging hewan tua bisa diidentifikasi melalui perbedaan warnanya yaitu lebih gelap dan terlihat kaku. Daging hewan muda pada umumnya lebih kemerahan. Hal penting lain yang perlu diperhatikan yaitu pastikan aroma daging masih segar dan tidak menempel di jari saat menyentuhnya, itu menandakan daging layak untuk dimakan. Yuk ikuti cara merebus daging agar cepat empuk dibawah ini.

Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Disamping menggunakan bahan alami, mayoritas cara pertama yang dilakukan untuk membuat daging cepat empuk yaitu dengan merebus. Waktu lama merebus daging agar cepat empuk pastinya berbeda-beda. Tergantung jenis daging dan ukurannya. Bayangkan bila kamu merebus 1 kg daging utuh tanpa dipotong, mungkin membutuhkan sekitar dua jam lebih. Berbeda bila kamu merebus 1 kg daging yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian, waktu yang dibutuhkan kurang lebih hanya satu jam. Sangat disayangkan kalau kamu boros pengeluaran gas hanya karena terlalu lama merebus daging. Nah oleh karena itu, simak cara merebus daging agar cepat empuk sebagai berikut.

1. Gunakan panci presto

Cara merebus daging sapi paling ideal yaitu menggunakan pressure cooker atau biasa dikenal panci presto. Dengan mengandalkan uap air bertekenan tinggi dalam proses memasaknya, panci ini cukup efektif untuk merebus daging agar cepat empuk. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu:

  1. Bersihkan daging dan masukkan kedalam panci presto.
  2. Tambahkan air dan bumbu didalam presto.
  3. Tutup panci hingga rapat.
  4. Rebus daging hingga panci mengeluarkan bunyi desis.
  5. Kecilkan api perlahan dan kemudian matikan. Tunggu beberapa saat hingga uap berkurang dan daging empuk siap dihidangkan atau diolah kembali sesuai selera.

Cara merebus daging sapi seperti ini biasanya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 – 30 menit. Tetapi kembali lagi tergantung pada kuantitas dari dagingnya itu sendiri. Keunggulan menggunakan panci presto yaitu bisa melunakkan hingga bagian terdalam termasuk tulang tertentu.

2. Menggunakan metode 5-30-7

Jika cara merebus daging sapi menggunakan panci presto dirasa kurang terjangkau, maka kamu tetap bisa merebus daging agar cepat empuk menggunakan panci biasa dan dalam waktu singkat. Menurut Chef de cuisine di Hotel Indonesia Kempinski, metode 5-30-7 bisa diaplikasikan bagi semua kalangan dan sangat efisien dalam menghemat biaya. Cara merebus daging sapi dengan metode 5.30.7 sebagai berikut:

  1. Didihkan air didalam panci
  2. Masukkan daging yang sudah dibersihkan kedalam rebusan air dan masukkan bumbu masak jika diperlukan. Masak hingga 5 menit dengan api besar.
  3. Setelah 5 menit, matikan kompor dan tutup panci dengan rapat selama 30 menit.
  4. Masak kembali selama 7 menit dengan panci selalu tertutup rapat agar sirkulasi uap panas tidak keluar dari panci.

Cara merebus daging sapi dengan metode 5-30-7 ini, dijamin bikin daging empuk sempurna. Proses memasak daging sebetulnya ada pada 30 menit pada saat kompor dimatikan dan keadaan panci yang tertutup. Mengandalkan uap panas yang bisa membuat daging menjadi empuk seperti yang diiginkan.

3. Menggunakan sari santan

Merebus daging agar cepat empuk bisa dengan sari santan. Selain bisa melunakkan, sari santan yang menyerap juga menambah cita rasa daging. Cara merebus daging sapi seberat 1 kilogram, bisa menggunakan sari santan dari 1 buah kelapa.

Cara merebus daging sapi diatas sangat tepat dilakukan dengan memakai panci tebal yang berkualitas. Kamu bisa memilih dutch oven dari Cata, Chefina hingga KitchenAid. Sebetulnya, ada pula beragam cara lain untuk membuat daging empuk yaitu bisa dengan iris daging melintang melawan seratnya agar seratnya mudah terurai, lalu bisa dengan menggunakan pemukul khusus daging. Kemudian, ada juga yang menggunakan daun pepaya untuk membungkus daging hingga marinasi dengan buah nanas. Sebetulnya metode – metode diatas tidak hanya untuk daging sapi, tetapi juga berlaku untuk daging domba, daging kambing, daging babi, kikil dan lainnya.  Pastikan saat pengolahan daging tidak overcook, karena daging yang diolah terlalu lama, akan berdampak pada tekstur yang kering dan menjadi alot. Itu dia tips untuk membuat daging empuk. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Leave a Reply