You are currently viewing Tips Miliki Dapur Idaman yang Instagramable

Tips Miliki Dapur Idaman yang Instagramable

Untuk para pecinta masak pasti punya impian untuk miliki dapur idaman, apalagi kalau tempatnya instagramable, tanpa ragu-ragu kamu langsung mengunggah ke sosial media. Ditambah, banyaknya resep hidangan lezat ala rumahan yang berlalu lalang, semakin tergerak minat kamu untuk memasak. Meskipun demikian, rasanya memasak akan lebih bersemangat apabila dapur di tata menjadi tempat yang bersih dan rapi. Apalagi, kata banyak orang Dapur adalah rumah kedua bagi setiap keluarga, bila dirancang dengan nyaman, kamu akan semakin betah untuk menghabiskan waktu seharian. Untuk itu, hal apa aja sih yang harus diperhatikan sebelum membangun atau merenovasi dapur kamu? Simak #TipsBeDa berikut ini.

TENTUKAN INTERIOR DAPUR YANG COCOK UNTUK DAPUR IDAMAN KAMU

Agar penataan dapur lebih efektif, kamu wajib tahu ukuran dapur idaman kamu. Hal itu yang menuntun kamu untuk menentukan konsep desain seperti apa yang kamu inginkan. Bila ukuran dapur yang mau dialokasikan tidak terlalu besar, dapur dengan pengaturan letter L bisa menjadi pilihan bijak. Tidak perlu merasa cemas akan merasa sempit, dapur dengan desain interior seperti ini justru multifungsional. Sehingga, kamu bisa lebih praktis dalam memasak.

Apabila kamu memiliki ukuran dapur yang luas, kamu bisa menyulap dengan pengaturan dapur island. Salah satu desain interior yang banyak di rekomendasikan oleh perancang dapur karena bentuknya sempurna baik dari segi tampilan maupun fungsi.

TENTUKAN JENIS KOMPOR YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN KAMU

Selanjutnya, kamu harus menentukan jenis kompor yang kamu inginkan. Pilihlah kompor yang memadai dapur-mu. Terdapat 5 Jenis kompor yang tersedia di pasaran, yaitu portable, stove/oven combo, domino, induksi dan listrik. Kamu juga bisa menentukan jumlah tungku yang kamu butuhkan. Pada umumnya 3-4 tungku sudah cukup memadai untuk keluarga kecil yang terdiri dari 4-5 orang.

Sedangkan untuk dapur island, penentuan kompor membutuhkan perencanaan yang lebih rumit, terutama karena perancang dapur kamu harus membuat desain meja terpisah, sesuai dengan kompor yang dipilih. Bila kamu memutuskan untuk menggunakan kompor listrik atau induksi, kamu butuh menarik kabel listrik dari aliran listrik terdekat (yang biasanya sudah terinstalasi di dinding). Demikian pula untuk kompor domino, ada baiknya tabung gas disimpan dicdalam lemari yang sudah didesain sedemikian rupa dibawah meja tempat kompor.

PENEMPATAN OVEN DAN MICROWAVE

Saat ini ada beberapa pilihan merek Oven dan Microwave ternama yang membutuhkan instalasi “fit in”. Artinya, kamu harus menentukan ukuran atau merek oven dan microwave yang tepat sebelum perancang dapur kamu mendesain lemari atau kabinet dapur. Idealnya, penempatan oven tidak jauh dari kompor untuk memudahkan kebutuhan memasak. Pada stove atau oven combo, umumnya oven sudah tersedia langsung dibawah kompor.

TENTUKAN PENEMPATAN RUANG PENYIMPANAN

Menata dapur tidak akan lengkap tanpa memberi “Prep space” atau ruang untuk menyiapkan bumbu – bumbu dapur sebelum memasak. Terdengar sepele namun cukup krusial demi kelengkapan dapur. Untuk semua jenis desain baik itu letter L, island, ataupun dapur luas yang mampu mengkombinasikan keduanya, penempatan lemari, kabinet dan laci tentunya sangat penting agar dapat memudahkan proses prep.

Dapur yang terencana akan sangat membantu proses memasak agar lebih mudah, efisien dan menyenangkan. Kamu juga bisa menggunakan rak terbuka, kabinet sudut, serta gantungan peralatan masak sebagai alat penyimpanan untuk meminimalisir tempat.

Itulah beberapa #TipsBeDa yang bisa kamu ikuti dalam membangun atau merenovasi dapur kesayangan kamu. Jadi, udah ada bayangan belum dapur yang seperti apa yang menjadi impianmu? Pastikan kamu selalu terlibat dalam pemilihan alat-alat dapur, terutama bila alat-alat ini membutuhkan proses instalasi. Semoga tips ini dapat mewujudkan dapur idaman yang tentunya instagramable! #BeDadapurnya #BeDamasaknya #BelanjaDapur.

Leave a Reply